Setyowati, Inung (2015) Efektivitas pendekatan perubahan konseptual berbasis teks dengan model core untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI SMK kompetensi keahlian kimia analisis pada materi elektrokimia / Inung Setyowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setyowati Inung. 2015. Efektivitas Pendekatan Perubahan Konseptual Berbasis Teks Dengan Model CORE Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMK Kompetensi Keahlian Kimia Analisis Pada Materi Sel Elektrokimia. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia . Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Rahayu M.Ed Ph.D (II) Dr. Munzil S.Pd M.Si. Kata kunci teks perubahan konseptual CORE pemahaman konsep Elektrokimia adalah salah topik yang banyak mengandung konsep. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari topik sel elektrokimia serta rentan menimbulkan kesalahan konsep. Kesalahan konsep dapat terjadi karena strategi pembelajaran dan buku yang digunakan dalam proses belajar. Kesalahan konsep bersifat resisten. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mencegah terjadinya kesalahan konsep. Salah satu upaya tersebut adalah dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan perubahan konseptual berbasis teks dengan model CORE. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan retensi pemahaman konsep antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan perubahan konseptual berbasis teks dengan model CORE dan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada materi sel elektrokimia. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experimental design) model pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 7 Malang Kompetensi Keahlian Kimia Analisis tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Dari tiga kelas yang ada dipilih secara acak dua kelas yang masing-masing untuk dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol terdiri dari 28 siswa diajar dengan pembelajaran konvensional sedangkan kelas eksperimen yang terdiri dari 27 siswa diajar dengan pendekatan perubahan konseptual berbasis teks dengan model CORE. Pemahaman konsep siswa diidentifikasi menggunakan Tes Pemahaman Konsep Elektrokimia (TPKE). TPKE yang digunakan berupa instrumen tes two tier elektrokimia. TPKE memiliki koefisien reliabilitas tes yang dihitung dengan rumus Kuder Richardson-21 sebesar 0 86. Keefektifan pendekatan perubahan konseptual berbasis teks dengan model CORE dianalisis menggunakan uji ANCOVA. Hasil-hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan pendekatan perubahan konseptual berbasis teks dengan model CORE dan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada materi sel elektrokimia (2) Ada perbedaan yang signifikan retensi pemahaman konsep antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan perubahan konseptual berbasis teks dengan model CORE dan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada materi sel elektrokimia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60071 |
Actions (login required)
View Item |