Kusumaaji, Ghalih Eka (2015) Analisis kemampuan siswa kelas V dalam menemukan pesan moral yang termuat pada mass media di SDN Bumiayu 3 Kota Malang / Ghalih Eka Kusumaaji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kusumaaji Ghalih Eka. 2015. Analisis Kemampuan Siswa Kelas V Dalam Menemukan Pesan Moral Yang Termuat Pada Mass Media Di SDN Bumiayu 3 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si Pembimbing (2) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata kunci Analisis Kemampuan Siswa Menemukan Pesan Moral Mass Media. Mass Media Secara garis besar merupakan pemahaman konsep tentang komunikasi massa yaitu komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan media massa seperti televisi radio koran ataupun majalah yang ditujukan kepada khalayak yang luas . Pada mass media banyak termuat iklan yang memuat ungkapan persuasif dan informasi. Pada mass media juga banyak cerita pengalaman ataupun tanggapan yang mengandung pesan moral. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menemukan ungkapan persuasif pada iklan (2) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menemukan informasi yang terdapat pada iklan dan (3)untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menemukan pesan moral pada cerita pengalaman ataupun tanggapan yang termuat pada mass media. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini yang berupa paparan bahasan dalam bentuk naratif tentang kemampuan siswa dalam menemukan ungkapan persuasif informasi pada iklan dan kemampuan siswa dalam menemukan pesan moral yang terdapat pada cerita pengalaman atau tanggapan yang termuat dalam mass media. Pengolahan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian 54 responden di kelas V SDN Bumiayu 3 diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut. Pertama sebanyak 15 siswa atau sebesar 28% siswa yang mampu menemukan ungkapan yang mengandung makna persuasif dari dua iklan yang berbeda. Kedua hanya 6 siswa atau sebesar 11% siswa yang mampu menemukan keseluruhan informasi dari dua iklan yang berbeda. Dan ketiga sebanyak 19 siswa atau sebesar 35% siswa yang mampu menemukan pesan moral yang terdapat pada cerita pengalaman atau tanggapan yang termuat pada mass media. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pertimbangan bahan rujukan dan perbandingan untuk penelitian-penelitian selanjutnya dikarenakan masih banyak aspek yang perlu diteliti pada siswa terkait tentang pembahasan moral.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6007 |
Actions (login required)
View Item |