Pengaruh metode inkuiri terbimbing berbantuan edmodo terhadap pemahaman konsep koloid dan motivasi belajar siswa / Luluk Maslukhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode inkuiri terbimbing berbantuan edmodo terhadap pemahaman konsep koloid dan motivasi belajar siswa / Luluk Maslukhah

Maslukhah, Luluk (2015) Pengaruh metode inkuiri terbimbing berbantuan edmodo terhadap pemahaman konsep koloid dan motivasi belajar siswa / Luluk Maslukhah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maslukhah Luluk. 2015. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan Edmodo terhadap Pemahaman Konsep Koloid dan Motivasi Belajar Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. (II) Suharti M.Si. Ph.D Kata kunci Inkuiri terbimbing Edmodo pemahaman konsep motivasi belajar. Pembelajaran konsep koloid yang mengintegrasikan representasi makroskopik mikroskopik dan simbolik dengan metode inkuiri terbimbing membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan metode pengajaran langsung. Salah satu upaya untuk mengatasi kekurangan waktu pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing adalah menggantikan sebagian pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online menggunakan situs jejaring sosial Edmodo. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep koloid antara siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbantuan Edmodo dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing tanpa bantuan Edmodo (2) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbantuan edmodo dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing tanpa bantuan Edmodo. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (quasi experiment) tipe post-test only control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 3 Bondowoso. Kelas eksperimen berjumlah 27 Siswa dilibatkan dalam pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing berbantuan Edmodo sedangkan kelas kontrol berjumlah 28 siswa dilibatkan dalam pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing tanpa bantuan Edmodo. Data penelitian adalah pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep dan angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep koloid antara siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbantuan Edmodo dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing tanpa bantuan Edmodo. (2) Terdapat perbedaan secara signifikan pada motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbantuan Edmodo dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing tanpa bantuan Edmodo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60069

Actions (login required)

View Item View Item