Analisis miskonsepsi dengan teknik Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi pada materi kesetimbangan kimia siswa SMA dan upaya perbaikannya menggunakan strategi konflik kognitif / Yumiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis miskonsepsi dengan teknik Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi pada materi kesetimbangan kimia siswa SMA dan upaya perbaikannya menggunakan strategi konflik kognitif / Yumiati

Yumiati (2015) Analisis miskonsepsi dengan teknik Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi pada materi kesetimbangan kimia siswa SMA dan upaya perbaikannya menggunakan strategi konflik kognitif / Yumiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yumiati. 2015. Analisis Miskonsepsi dengan Teknik Certainty of Response Index (CRI) Termodifikasi pada Materi Kesetimbangan Kimia Siswa SMA dan Upaya Perbaikannya Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D (II) Dr. Endang Budiasih M.S. Kata kunci miskonsepsi kesetimbangan kimia teknik CRI modifikasi strategi konflik kognitif retensi persistensi miskonsepsi Kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi kimia yang diajarkan pada siswa SMA. Materi kesetimbangan kimia mengandung banyak konsep yang rumit sehingga dianggap sulit oleh siswa dan besar kemungkinan menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Salah satu upaya untuk mengurangi miskonsepsi siswa adalah melaksanakan strategi konflik kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi kesetimbangan kimia dan menilai apakah pelaksanaan strategi konflik kognitif tersebut efektif. Secara lengkap tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis persentase jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi paham konsep dan tidak paham konsep pada pretes postes maupun tes ulang (2) mengidentifikasi miskonsepsi-miskonsepsi yang dialami siswa pada materi kesetimbangan kimia (3) menganalisis keefektifan strategi konflik kognitif dalam mengurangi miskonsepsi siswa (4) menganalisis retensi siswa sekaligus persistensi miskonsepsi siswa terhadap materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan rancangan pra-eksperimental one group pretest-postest design. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa dari kelas XI MIA2 SMA Khadijah Surabaya tahun ajaran 2014/2015. Identifikasi miskonsepsi dilakukan dengan menggunakan teknik CRI modifikasi yang instrumennya berupa soal pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban disertai uraian terbuka untuk menjelaskan alasan atas jawaban yang dipilih dan pensekoran CRI atau tingkat keyakinan siswa dalam menjawab soal. Instrumen tes memiliki validitas isi sebesar 96%. Berdasarkan hasil ujicoba 21 soal dinyatakan valid dan memiliki koefisien reliabilitas tes yang diukur dengan rumus Alpha Cronbach s sebesar 0 817. Miskonsepsi yang dialami siswa dilihat dari jawaban dan uraian alasan yang diberikan oleh siswa yang mengalami miskonsepsi dan dari wawancara yang dilakukan secara semi terstruktur. Retensi pemahaman siswa dianalisis dari perbandingan jumlah soal yang dipahami siswa pada tes ulang dan postes serta jumlah siswa yang konsisten paham konsep pada postes dan tes ulang. Persistensi siswa dianalisis berdasarkan siswa yang konsisten mengalami miskonsepsi pada saat pretes postes dan tes ulang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t sampel berpasangan dan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) hasil pretes menunjukkan 14 0% siswa paham konsep 46 5% siswa mengalami miskonsepsi dan 39 5% siswa tidak paham konsep hasil postes menunjukkan 67 0% siswa paham konsep 15 8% siswa mengalami miskonsepsi dan 17 2% siswa tidak paham konsep hasil tes ulang menunjukkan 62 4% siswa paham konsep 18 7% siswa mengalami miskonsepsi dan 18 9% siswa tidak paham konsep (2) terdapat 31 jenis miskonsepsi siswa pada konsep-konsep a) kesetimbangan dinamis b) tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) c) kesetimbangan disosiasi d) pengaruh penambahan padatan terhadap sistem kesetimbangan e) pengaruh perubahan konsentrasi volume/tekanan dan temperatur terhadap arah pergeseran kesetimbangan f) pengaruh katalis pada sistem kesetimbangan (3) strategi konflik kognitif secara signifikan efektif dalam mengurangi miskonsepsi siswa (4) retensi siswa setelah pembelajaran dengan strategi konflik kognitif termasuk kategori sangat baik dan persistensi miskonsepsi yang terjadi pada siswa termasuk dalam kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60068

Actions (login required)

View Item View Item