Pengaruh strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada pembelajaran kimia, topik tanah materi asam basa terhadap motivasi, kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa SMK Pertanian / Lina Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada pembelajaran kimia, topik tanah materi asam basa terhadap motivasi, kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa SMK Pertanian / Lina Purwati

Purwati, Lina (2015) Pengaruh strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada pembelajaran kimia, topik tanah materi asam basa terhadap motivasi, kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa SMK Pertanian / Lina Purwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwati Lina. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Pada Pembelajaran Kimia Topik Tanah Materi Asam Basa Terhadap Motivasi Kreativitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMK Pertanian. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc Ph.D (2) Dr. Siti Marfu ah M.S Kata-kata kunci pembelajaran berbasis masalah motivasi kreativitas hasil belajar kognitif Materi asam basa penting dipelajari dalam pembelajaran kimia SMK Pertanian terutama penerapannya pada tanah. Namun dalam pembelajaran kimia masalah yang timbul adalah rendahnya motivasi belajar kurangnya kreativitas dan kurangnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah penggunaan strategi yang kurang tepat. Salah satu strategi yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa serta materi yang dipelajari adalah Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Dengan PBM siswa dihadapkan dengan masalah pada bidang pertanian sebagai awal belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaaan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBM dan verifikasi (2) perbedaan kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBM dan verifikasi dan (3) perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBM dan verifikasi. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan rancangan posttest only control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PP Negeri 1 Tegalampel tahun pelajaran 2014-2015 yang terdiri dari dua kelas. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Salah satu kelas dibelajarkan dengan strategi PBM sedangkan kelas yang lain dibelajarkan dengan strategi verifikasi. Data penelitian berupa skor motivasi skor kreativitas dan skor hasil belajar. Motivasi belajar diukur dengan instrumen kuisioner motivasi belajar yang diterjemahkan dari Students Motivation Toward Science Learning (SMTSL) Questionnaire yang dikembangkan oleh Tuan dkk (2005). Kreativitas siswa diukur dengan instrumen Tes Kreativitas Verbal (TKV) yang dikembangkan oleh Munandar (1999) dan telah dimodifikasi berdasarkan materi kimia asam basa dengan validitas 97% dan koefisien reabilitas yang dihitung dengan Cronbach s Alpha sebesar 0 83. Hasil belajar diukur dengan Tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 butir soal dengan validitas isi 91% dan koefisien reliabilitas yang dihitung dengan Spearman Brown sebesar 0 93. Data motivasi kreativitas dan hasil belajar kognitif diuji dengan menggunakan uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBM dengan siswa yang dibelajarkan dengan verifikasi. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBM dengan siswa yang dibelajarkan dengan verifikasi. Siswa pada kelas PBL menunjukkan aktivitas kreatif (ranah afektif dan psikomotor) lebih baik daripada siswa pada kelas verifikasi. (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBM dengan siswa yang dibelajarkan dengan verifikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60064

Actions (login required)

View Item View Item