Penerapan penilaian kognitif dan afektif pembelajaran blended learning berbasis moodle dalam kooperatif STAD dengan matakuliah kimia organik II pada mahasiswa S-1 Kimia FMIPA UM / Eko Yuniarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan penilaian kognitif dan afektif pembelajaran blended learning berbasis moodle dalam kooperatif STAD dengan matakuliah kimia organik II pada mahasiswa S-1 Kimia FMIPA UM / Eko Yuniarto

Yuniarto, Eko (2015) Penerapan penilaian kognitif dan afektif pembelajaran blended learning berbasis moodle dalam kooperatif STAD dengan matakuliah kimia organik II pada mahasiswa S-1 Kimia FMIPA UM / Eko Yuniarto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuniarto Eko. 2014. Penerapan Penilaian Kognitif Dan Afektif Pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle dalam Kooperatif STAD dengan Matakuliah Kimia Organik II pada Mahasiswa S-1 Jurusan Kimia FMIPA UM. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D (2) Dr. Siti Marfu ah M.Si Kata kunci penilaian afektif dan kognitif pembelajaran blended learning berbasis moodle pendekatan kooperatif STAD Salah satu topik dalam kuliah Kimia Organik II yang cukup padat adalah benzena turunannya dan alkil halida sehingga dalam pembelajarannya dibutuhkan waktu yang lebih lama. Waktu yang lama tersebut menyebabkan pembelajaran Kimia Organik II tidak hanya membutuhkan pendekatan pembelajaran yang kooperatif tetapi juga diperlukan pembelajaran online untuk mendukung. Salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan adalah kooperatif STAD. Pembelajaran online yang mendukung adalah blended learning berbasis moodle dengan menggunakan web. Oleh karena itu perlu diintegrasikan antara pendekatan pembelajaran kooperatif STAD dengan pembelajaran berbasis web yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk memperbaiki hasil belajar Kimia Organik II. Hasil belajar Kimia Organik II diperoleh berdasarkan penilaian kognitif maupun afektif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan penilaian kognitif dan afektif pada pembelajaran blended learning berbasis moodle dalam kooperatif STAD matakuliah Kimia Organik II pada mahasiswa S-1 kimia jurusan kimia FMIPA UM (2) mengetahui penerapan penilaian kognitif dan afektif pada pembelajaran blended learning berbasis moodle dalam kooperatif STAD matakuliah Kimia Organik II pada mahasiswa S-1 kimia jurusan kimia FMIPA UM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan pra-eksperimen (Pra-Experiment Design) dimana penelitian hanya melibatkan satu kelompok subjek. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S-1 jurusan Kimia off G dengan jumlah mahasiswa sebanyak 41 orang. Pemahaman mahasiswa diukur dengan tes pilihan ganda secara online yang terdiri dari 40 item. Penerapan pembelajaran blended learning berbasis moodle dalam kooperatif STAD dilihat dari penilaian afektif dan kognitif mahasiswa. Selain itu keterlaksanaan pembelajarannya juga dilihat dari motivasi dan kepuasan mahasiwa selama proses pembelajaran. Hasil validitas isi sebesar 97 5 % dan reliabilitas tes diukur dengan program spss 16 for windows sebesar 0 602. Hasil kelayakan pembelajaran web oleh para ahli untuk komponen moodle manajemen topik dan aktifitas pembelajaran masing-masing adalah 3 75 (93 75%) 3 25 (81 25%) dan 3 5 (88 8%). Rata-rata nilai kognitif mahasiswa adalah 82 5. Sedangkan rata-rata nilai afektif mahasiswa adalah 86 7. Motivasi mahasiswa cukup tinggi dalam mengikuti pembelajaran ini sedangkan untuk kepuasan mahasiwa diperoleh hasil yaitu 19 51% mahasiswa merasa sangat puas dan 80 49% mahasiwa merasa puas mengikuti pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60060

Actions (login required)

View Item View Item