Pengembangan media pembelajaran berbasis TIK untuk siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 Malang subtema organ tubuh manusia dan hewan / Annisa Nur Irfayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis TIK untuk siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 Malang subtema organ tubuh manusia dan hewan / Annisa Nur Irfayani

Irfayani, Annisa Nur (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis TIK untuk siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 Malang subtema organ tubuh manusia dan hewan / Annisa Nur Irfayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irfayani Annisa Nur. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Siswa Kelas V SDN Pandanwangi 4 Malang Subtema Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sukamti M.Pd (II) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran TIK Penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dapat memudahkan penyampaian materi kepada siswa. Subtema organ tubuh manusia dan hewan membahas hal-hal yang sulit dibayangkan oleh siswa. Guru belum bisa menghadirkan contoh konkret dalam pembelajaran subtema ini. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa SDN Pandanwangi 4 Malang memiliki perangkat komputer yang memadai namun penggunaannya masih terbatas pada pelajaran TIK. Dari hasil wawancara guru dan siswa dapat mengoperasikan komputer dengan baik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis TIK untuk siswa kelas V SD subtema organ tubuh manusia dan hewan yang valid menurut ahli materi ahli media dan pengguna (guru dan siswa). Penelitian ini menggunakan modifikasi model penelitian dan pengembangan Borg Gall. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap uji coba kelompok terbatas. Data diperoleh dari hasil validasi kepada 2 orang ahli materi 2 orang ahli media seorang guru kelas V SDN Pandanwangi 4 Malang serta uji coba kelompok terbatas pada 12 siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 Malang. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan format rating scale serta soal evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data validasi produk diperoleh rata-rata persentase validitas sebesar 83 93% oleh ahli media 93 75% oleh ahli materi dan 89 81% oleh guru. Dari uji coba kelompok terbatas diperoleh persentase sebesar 85%. Hal ini menunjukkan produk media yang dihasilkan termasuk kualifikasi valid dan dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran. Revisi produk dilakukan berdasarkan saran dari ahli materi ahli media guru dan siswa untuk penyempurnaan produk. Saran-saran yang diajukan meliputi saran pemanfaatan saran diseminasi dan saran pengembangan produk lebih lanjut. Saran pemanfaatan yang diajukan yaitu hendaknya produk dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dengan bantuan perangkat komputer yang memenuhi spesifikasi minimal. Saran diseminasi yaitu ditinjau untuk menyebarluaskan produk baik melalui internet maupun melalui KKG pada gugus sekolah. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu untuk peneliti selanjutnya agar mengembangkan media pembelajaran sejenis untuk materi lain dengan menggunakan program Autoplay karena mudah dalam pembuatan dan pengoperasiannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6006

Actions (login required)

View Item View Item