Umam, Yeyek Ihdal (2015) Pengaruh penerapan strategi konflik kognitif untuk mengurangi kesalahan konsep laju reaksi dan kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI SMAN 1 Sumenep / Yeyek Ihdal Umam. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Umam Yeyek Ihdal. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi Konflik Kognitif untuk Mengurangi Kesalahan Konsep Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Sumenep. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Srini M Iskandar M.Sc Ph.D (II) Dr. Endang Budiasih M.S Kata-kata kunci kesalahan konsep laju reaksi kesetimbangan kimia strategi konflik kognitif. 12288 12288 12288 12288 Karakteristik kimia yang abstrak dan berjenjang memungkinkan terjadinya kesalahan konsep pada suatu materi dan kesalahan konsep pada materi selanjutnya yang berkaitan. Materi kimia yang sesuai dengan karakteristik tersebut adalah laju reaksi dan kesetimbangan kimia. Kesalahan konsep dalam laju reaksi berpotensi untuk terjadinya kesalahan konsep dalam kesetimbangan kimia. Kesalahan konsep yang terjadi tersebut cenderung sukar untuk dihilangkan. Strategi konflik kognitif diduga dapat mengeliminasi kesalahan konsep pada materi laju reaksi sekaligus pada materi kesetimbangan kimia. Tujuan pada penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi kesalahan konsep pada materi laju reaksi dan kesetimbangan kimia (2) mengetahui dampak kesalahan konsep pada materi laju reaksi terhadap kesalahan konsep dalam materi kesetimbangan kimia (3) mengetahui pengaruh eliminasi kesalahan konsep menggunakan strategi konflik kognitif pada materi laju reaksi terhadap kesalahan konsep pada materi kesetimbangan kimia. 12288 12288 12288 12288 penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan quasi-eksperimental. Rancangan deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi dan mendiskripsikan kesalahan konsep laju reaksi dan kesetimbangan kimia serta dampak kesalahan konsep laju reaksi terhadap kesetimbangan kimia. Rancangan quasi-eksperimental digunakan untuk mengetahui keefektifan strategi konflik kognitif dalam mengeliminasi kesalahan konsep siswa. Subjek penelitian ini adalah 2 kelas homogen dari 8 kelas IPA di SMA Negeri 1 sumenep yang ditentukan dengan menggunakan sistem random sampling. Kedua kelas tersebut adalah XI IPA 6 dan XI IPA 7. Kelas XI IPA 6 sebanyak 38 orang sebagai kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan strategi konflik kognitif sedangkan Kelas XI IPA 7 sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol dibelajarkan menggunakan metode ceramah diskusi dan tanya jawab. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban dan tes wawancara. Tes pilihan ganda memiliki validitas isi sebesar 94% dan reliabilitas tes dihitung dengan Alpha Cronbach sebesar 0 74. Dampak kesalahan konsep laju reaksi terhadap kesetimbangan kimia dapat diketahui jika kesalahan konsep yang terjadi pada kesetimbangan kimia berasal dari kesalahan siswa dalam memahami materi laju reaksi dan hal ini terjadi pada siswa yang sama. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Kesalahan-kesalahan konsep yang terjadi pada materi laju reaksi adalah (a) Laju reaksi ke arah produk meningkat seiring bertambahnya waktu karena jumlah produk yang terus meningkat dan jumlah reaktan menurun (b) Konsentrasi produk semakin berkurang dan konsentrasi reaktan semakin meningkat sehingga laju reaksi terus bertambah cepat (c) Untuk reaksi yang melibatkan zat cair dan gas kenaikan konsentrasi menyebabkan kenaikan luas permukaan bidang sentuh zat sehingga laju reaksi meningkat (d) Kenaikan suhu akan menurunkan energi aktivasi sehingga laju reaksinya lebih cepat (e) Penambahan katalis dapat memperbanyak jumlah produk yang dihasilkan. (2) Kesalahan-kesalahan konsep pada Kesetimbangan kimia adalah (a) Konsentrasi produk dan reaktan sama saat dalam keadaan setimbang (b) Laju reaksi ke arah produk meningkat dengan bertambahnya waktu dan laju reaksi ke arah reaktan menurun tiap satuan waktu sampai akhirnya konstan saat setimbang (c) Untuk reaksi yang melibatkan zat cair dan gas penambahan konsentrasi akan mengakibatkan kenaikan luas permukaan bidang sentuh zat sehingga tumbukan efektif yang terjadi makin besar (d) Kenaikan temperatur akan meningkatkan harga konstanta kesetimbangan (e) Penambahan katalis dalam sistem kesetimbangan dapat mempercepat pembentukan dan memperbanyak produk yang dihasilkan (f) Panambahan tekanan pada sistem kesetimbangan akan menyebabkan kesetimbangan bergeser ke arah mol yang lebih besar. (3) strategi konflik kognitif secara signifikan lebih dapat mengeliminasi kesalahan konsep pada laju reaksi dan kesetimbangan kimia dari pada metode ceramah diskusi dan tanya jawab. (4) Dampak kesalahan konsep laju reaksi terhadap kesetimbangan kimia adalah (a) Laju reaksi ke arah produk meningkat dengan bertambahnya waktu (b) Untuk reaksi yang melibatkan zat cair dan gas penambahan konsentrasi akan mengakibatkan kenaikan luas permukaan zat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60059 |
Actions (login required)
View Item |