Lutfiah, Daniatul (2015) Pengaruh pengajaran remedial menggunakan model konkret struktur kristal terhadap kemampuan visuospasial dan pemahaman mahasiswa pada materi struktur kristal / Daniatul Lutfiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
12288 12288 12288 12288 Struktur kristal cenderung sulit untuk dipelajari karena materi ini merupakan materi yang abstrak. Kemampuan visuospasial dibutuhkan untuk mempelajari materi ini. Kesulitan mahasiswa dalam mempelajari struktur kristal mungkin dikarenakan pembelajaran yang terjadi dalam kelas tidak menggunakan model konkret. Penggunaan model konkret struktur kristal selain digunakan untuk mengurangi keabstrakan materi struktur kristal juga digunakan untuk meningkatkan kemampuan visuospasial mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan kemampuan visuospasial mahasiswa (2) mendeskripsikan pemahaman mahasiswa pada materi struktur kristal dan mengidentifikasi materi struktur kristal yang paling sulit dipahami oleh mahasiswa (3) menguji hubungan antara kemampuan visuospasial dengan pemahaman mahasiswa pada materi struktur kristal (4) menguji pengaruh pengajaran remedial menggunakan model konkret struktur kristal terhadap kemampuan visuospasial mahasiswa dan (5) menguji pengaruh pengajaran remedial menggunakan model konkret struktur kristal terhadap pemahaman mahasiswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pre-test and post-test group design. Populasi penelitian adalah 128 mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Brawijaya yang sedang menempuh matakuliah Struktur Anorganik pada Tahun Ajaran 2013/2014 dan terdistribusi dalam tiga kelas yang homogen. Sampel penelitian adalah satu kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 42 mahasiswa yang diambil secara purposive sampling . Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan visuospasial dan tes pemahaman struktur kristal. Tes kemampuan visuospasial merupakan gabungan dari Spatial Ability Test oleh Hans-Dieter Barke dan the Perdue Spatial Visualization oleh Roland Guay. Tes tersebut mempunyai koefisien reliabilitas yang diukur dengan Kuder-Richardson 20 sebesar 0 72. Tes pemahaman struktur kristal terdiri dari 24 soal. Tes tersebut mempunyai validitas isi sebesar 100% dan koefisien reliabilitas yang diukur menggunakan Kuder-Richardson 20 sebesar 0 67. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan product moment pearson correlation dan paired sample z test. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan visuospasial mahasiswa termasuk dalam kategori sangat baik (2) pemahaman mahasiswa pada materi struktur kristal termasuk dalam kategori rendah dan materi struktur kristal yang paling sulit dipahami oleh mahasiswa adalah kristal CaF2 (3) terdapat hubungan positif antara kemampuan visuospasial mahasiswa dengan pemahaman mahasiswa pada materi struktur kristal (r 0 65). Kemampuan visuospasial mahasiswa menyumbang keragaman sebesar 42 3% terhadap pemahaman mahasiswa pada materi struktur kristal (4) kemampuan visuospasial mahasiswa menjadi lebih tinggi (gain score 4 1 dari skor maksimal kemampuan visuospasial 28 0) sesudah pengajaran remedial menggunakan model konkret struktur kristal dan (5) pemahaman mahasiswa pada materi struktur kristal menjadi lebih tinggi (gain score 2 3 dari skor maksimal pemahaman struktur kristal mahasiswa 24 0) sesudah pengajaran remedial menggunakan model konkret struktur kristal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |