Pengaruh model Problem Solving dan Problem Posing serta kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Ratna Kartika Irawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Problem Solving dan Problem Posing serta kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Ratna Kartika Irawati

Irawati, Ratna Kartika (2014) Pengaruh model Problem Solving dan Problem Posing serta kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Ratna Kartika Irawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irawati Ratna Kartika. 2014. Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing serta Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D (II) Dr. Aman Santoso M.Si Kata-kata Kunci Problem Solving Problem Posing hasil belajar kemampuan awal Materi kelarutan dan hasil kali kelarutan mencakup konsep-konsep kimia yang bersifat abstrak dan membutuhkan ketrampilan matematika sehingga berpotensi untuk timbulnya kesulitan siswa SMA dalam memahami materi tersebut. Pemahaman konsep-konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan membutuhkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi. Akan tetapi pembelajaran kimia saat ini dapat dianggap belum mendorong siswa untuk melakukan ketrampilan berpikir tingkat tinggi. Penggunaan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing dengan memperhatikan kemampuan awal siswa diduga dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar pemahaman siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Solving dan Problem Posing (2) perbedaan hasil belajar pemahaman siswa dengan kemampuan awal berbeda (3) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar pemahaman siswa (4) perbedaan hasil belajar tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Solving dan Problem Posing (5) perbedaan hasil belajar tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal berbeda (6) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar tingkat tinggi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lawang pada tahun ajaran 2012-2013 dengan 5 kelas yang terdistribusi homogen. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Satu kelas terdiri atas 32 siswa yang dibelajarkan Problem Solving dan kelas lain yang terdiri atas 32 siswa dibelajarkan dengan Problem Posing. Data penelitian berupa hasil belajar pemahaman dan hasil belajar tingkat tinggi siswa yang dikumpulkan menggunakan 14 soal pilihan ganda dengan validasi isi sebesar 96 1% dan 5 soal essai dengan validasi isi sebesar 94%. Pengukuran reliabilitas soal diperoleh dari rumus Cronbach s Alpha dengan nilai 0 71 untuk soal pilihan ganda dan 0 70 untuk soal essai. Analisis data menggunakan uji ANOVA Two Ways. Hasil penelitian pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar pemahaman siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Solving dan Problem Posing. Hasil belajar pemahaman kelas Problem Posing lebih tinggi dibandingkan dengan kelas Problem Solving (2) ada perbedaan hasil belajar pemahaman siswa dengan kemampuan awal berbeda. Hasil belajar pemahaman siswa berkemampuan awal tinggi lebih baik dibandingkan siswa berkemampuan awal rendah (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar pemahaman siswa (4) ada perbedaan hasil belajar tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Solving dan Problem Posing. Hasil belajar tingkat tinggi kelas Problem Posing lebih tinggi dibandingkan kelas Problem Solving (5) ada perbedaan hasil belajar tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal berbeda. Hasil belajar tingkat tinggi siswa berkemampuan awal tinggi lebih baik dibandingkan siswa berkemampuan awal rendah (6) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60053

Actions (login required)

View Item View Item