Pengaruh model dinamik dan statik pada pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman mikroskopik, simbolik dan mikroskopik materi larutan elektrolit dan reaksi redoks siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Indah Langitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model dinamik dan statik pada pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman mikroskopik, simbolik dan mikroskopik materi larutan elektrolit dan reaksi redoks siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Indah Langitasari

Langitasari, Indah (2014) Pengaruh model dinamik dan statik pada pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman mikroskopik, simbolik dan mikroskopik materi larutan elektrolit dan reaksi redoks siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Indah Langitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Langitasari Indah. 2014. Pengaruh Model Dinamik dan Statik pada Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Makroskopik Simbolik dan Mikroskopik Materi Larutan Elektrolit dan Reaksi Redoks Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. H. Effendy M.Pd Ph.D. (2) Dr. Fauziatul Fajaroh M.S. Kata-kata kunci model dinamik model statik inkuiri terbimbing pemahaman makroskopik simbolik dan mikroskopik Pemahaman yang utuh terhadap materi larutan elektrolit dan reaksi redoks menuntut siswa melibatkan tiga tingkat representasi yaitu makroskopik simbolik dan mikroskopik dalam mempelajari kedua materi tersebut. Selama ini pembelajaran larutan elektrolit dan reaksi redoks di sekolah umumnya hanya menekankan pada representasi makroskopik dan simbolik sedangkan representasi mikroskopik cenderung diabaikan. Hal tersebut menyebabkan siswa kesulitan dalam mengkonstruk konsep-konsep larutan elektrolit dan reaksi redoks yang sebagian besar merupakan konsep-konsep yang bersifat abstrak. Pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model dinamik dan statik merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran kimia yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep kimia pada tingkat makroskopik simbolik dan mikroskopik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan perbedaan tingkat pemahaman makroskopik simbolik dan mikroskopik siswa yang diajar melalui pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan model dinamik dan siswa yang diajar melalui pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan model statik pada materi larutan elektrolit dan reaksi redoks. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan eksperimental semu. Rancangan penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan pemahaman makroskopik simbolik dan mikroskopik siswa pada materi larutan elektrolit dan reaksi redoks sedangkan rancangan penelitian eksperimental semu digunakan untuk menguji efek penggunaan model dinamik dan statik pada pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman makroskopik simbolik dan mikroskopik siswa. Model dinamik berupa video animasi dan model statik berupa gambar statik pada slide-slide powerpoint. Hasil validasi isi video animasi sebesar 93 9%. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari dua kelas yang homogen. Data penelitian berupa pemahaman makroskopik simbolik dan mikroskopik siswa pada materi larutan elektrolit dan reaksi redoks yang diukur dengan menggunakan instrumen tes yang meliputi (1) tes makroskopik berupa penyimpulan hasil percobaan larutan elektrolit dan reaksi redoks (2) tes simbolik berupa penulisan persamaan reaksi pelarutan penentuan spesi-spesi dalam larutan penulisan persamaan reaksi redoks penentuan bilangan oksidasi serta penentuan oksidator dan reduktor dan (3) tes mikroskopik berupa gambaran mikroskopik larutan gambaran mikroskopik proses hantaran listrik larutan dan gambaran mikroskopik reaksi redoks. Hasil validasi isi ketiga jenis instrumen tersebut oleh tiga validator sebesar 95 0% dan berdasarkan hasil uji coba instrumen diperoleh reliabilitas soal-soal tes (1) makroskopik larutan elektrolit sebesar 0 98 (2) makroskopik reaksi redoks sebesar 0 91 (3) simbolik larutan elektrolit sebesar 0 79 (4) penulisan persamaan reaksi redoks sebesar 0 84 (5) penentuan bilangan oksidasi sebesar 0 88 (6) penentuan oksidator dan reduktor sebesar 0 61 (7) gambaran mikroskopik larutan elektrolit dan nonelektrolit sebesar 0 65 (8) gambaran mikroskopik hantaran listrik larutan sebesar 0 68 dan (9) gambaran mikroskopik reaksi redoks sebesar 0 83. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan dengan uji statistik menggunakan manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman makroskopik siswa yang diajar dengan inkuiri terbimbing berbantuan model dinamik relatif sama dengan yang berbantuan model statik sedangkan pemahaman simbolik dan mikroskopik siswa yang diajar dengan inkuiri terbimbing berbantuan model dinamik lebih tinggi dibandingkan dengan yang berbantuan model statik. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran kimia dengan melibatkan model dinamik seperti animasi yang menyajikan proses dan reaksi kimia pada level makroksopik simbolik dan mikroskopik dapat membantu siswa mengkonstruk konsep-konsep kimia dengan lebih mudah sehingga mendapatkan pemahaman yang utuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60052

Actions (login required)

View Item View Item