Pengembangan bahan ajar elektronik hidrokarbon sebagai suplemen pendukung pembelajaran blended learning / Vivit Sri Muryantanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar elektronik hidrokarbon sebagai suplemen pendukung pembelajaran blended learning / Vivit Sri Muryantanti

Muryantanti, Vivit Sri (2014) Pengembangan bahan ajar elektronik hidrokarbon sebagai suplemen pendukung pembelajaran blended learning / Vivit Sri Muryantanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muryantanti V. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Hidrokarbon Sebagai Suplemen Pendukung Pembelajaran Blended Learning. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Surjani Wonorahardjo. Ph.D. (2) Prof. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D. Kata-kata kunci Bahan ajar blended learning hidrokarbon 12288 12288 12288 12288 Materi hidrokarbon merupakan materi kimia SMA yang padat sehingga membutuhkan waktu yang panjang dalam penyampaiannya di kelas. Untuk mengatasi keterbatasan frekuensi tatap muka antara guru dengan siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi hidrokarbon maka diperlukan suatu media pembelajaran berupa bahan ajar elektronik berbasis konstruktivistik yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar elektronik ini dapat berlangsung di luar kelas dengan memaksimalkan komunikasi guru dengan siswa. Bahan ajar elektronik yang dikembangkan ini berbasis blended learning yang merupakan model pembelajaran gabungan antara pembelajaran online (terkoneksi internet) dan pembelajaran offline (pembelajaran di dalam kelas). Tujuan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar elektronik berbasis web pada pokok bahasan hidrokarbon (2) mengetahui kelayakan bahan ajar yang telah dikembangkan (3) mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan (4) mengetahui persepsi siswa tentang pelaksanaan blended learning. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan dkk yang mencakup tahap-tahap define design develop dan disseminate. Pengembangan ini hanya sampai pada tahap develop karena hasil pengembangan tidak disosialisasikan ke sekolah. Validasi isi/ materi dan validasi media dilakukan oleh ahli yaitu dosen kimia dan guru kimia. Uji coba perorangan dilakukan oleh 3 siswa sedangkan uji coba lapangan terbatas dilakukan oleh 20 siswa SMA Negeri 2 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Bahan ajar hidrokarbon yang dikembangkan terdiri dari bahan ajar yang disesuaikan dengan kurikulum KTSP berbasis web interaktif dengan menggunakan software Moodle versi 2.3 bersyarat koneksi internet. Penilaian bahan ajar oleh ahli isi menunjukkan kelayakan isi dengan skor 4 2 kelayakan kebahasaan dengan skor 4 0 dan dari kelayakan penyajian sebesar 4 0 dari skor maksimal 5. Penerapan bahan ajar yang blended learning menghasilkan 90% siswa mencapai kriteria kelulusan minimal (KKM). Sebesar 92 % siswa menyatakan bahwa mudah memahami materi hidrokarbon dengan blended learning dan 88 % siswa memberikan persepsi positif tentang penerapan blended learning. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka bahan ajar hidrokarbon yang telah dikembangkan adalah sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Evaluasi lebih lanjut tentang kesesuaian dan efektifitas dari bahan ajar ini harus dilakukan untuk penyebaran yang lebih luas. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60050

Actions (login required)

View Item View Item