Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dan kemampuan awal terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Chitra Arti Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dan kemampuan awal terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Chitra Arti Maharani

Maharani, Chitra Arti (2014) Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dan kemampuan awal terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Chitra Arti Maharani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maharani Chitra Arti. 2013. Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Kognitif Tingkat Tinggi pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D (2) Prof. Srini M. Iskandar M.Sc Ph.D Kata kunci inkuiri terbimbing kemampuan awal hasil belajar kognitif tingkat tinggi Kelarutan dan hasil kali kelarutan merupakan salah satu materi dalam pelajaran kimia SMA yang diberikan pada kelas XI. Materi tersebut mengandung konsep konkret maupun konsep abstrak yang cenderung sulit dipahami oleh siswa. Selama ini pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan cenderung ditekankan pada aspek algoritmik siswa menghafalkan rumus-rumus yang ada dan guru lebih sering memberikan latihan soal serta cara cepat untuk menyelesaikannya. Kondisi seperti itu menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal konseptual. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat memahamkan siswa secara konseptual dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Pendekatan inkuiri terbimbing diharapkan dapat memenuhi tuntutan tersebut. Selain pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa diantaranya adalah kemampuan awal. Kemampuan siswa pada materi sebelumnya merupakan indikator keberhasilan siswa tersebut dalam mempelajari materi selanjutnya. Siswa dengan kemampuan awal tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kemampuan awal rendah. Berdasarkan permasalahan diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dan pendekatan verifikasi serta pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar khususnya hasil belajar tingkat tinggi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain faktorial 2 2. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Giri Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri atas 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 (31 siswa) sebagai kelas yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 6 (32 siswa) sebagai kelas yang dibelajarkan dengan pendekatan verifikasi. Data penelitian adalah hasil belajar siswa yang dikumpulkan menggunakan instrument berupa tes objektif yang terdiri dari 27 soal dengan validitas isi 89 20 % dan koefisien reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus KR-21 sebesar 0 83. Data penelitian dianalisis dengan stataistik uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing dibandingkan verifikasi pendekatan inkuiri terbimbing memberikan hasil belajar yang lebih baik (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing dibandingkan verifikasi pendekatan inkuiri terbimbing memberikan hasil belajar kognitif tingkat tinggi yang lebih baik (3) terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar (4) tidak terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi (5) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar (6) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60049

Actions (login required)

View Item View Item