Pengembangan e-modul hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing / Eva Early Nur Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing / Eva Early Nur Hidayati

Hidayati, Eva Early Nur (2013) Pengembangan e-modul hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing / Eva Early Nur Hidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keywords e-modul hidrokarbon inkuiri terbimbing. Menurut Permendiknas No. 78 Tahun 2009 proses pembelajaran di R-SMA-BI dituntut harus berbasis TIK melibatkan unsur PAIKEM kontekstual dan berbahasa Inggris. Agar siswa dapat menguasai kompetensi dasar pada KTSP yang mengadaptasi kurikulum IGCSE sebagai salah satu kurikulum yang dapat diadaptasi dari negara-negara maju siswa harus memiliki sikap kemandirian belajar yang tinggi. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri adalah modul sementara pembelajaran berbasis TIK telah menjadi tuntutan sehingga muncullah ide pengembangan bahan ajar modul elektronik atau disingkat e-modul. Tujuan mata pelajaran kimia dicapai oleh siswa melalui berbagai pendekatan antara lain pendekatan induktif dalam bentuk proses inkuiri ilmiah. Sejalan dengan tujuan tersebut maka pendekatan inkuiri dinilai efektif membantu siswa mempelajari materi Hidrokarbon. Pendekatan inkuiri terbimbing versi Julie K. Abrahamson dilatarbelakangi oleh penelitian Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) yang mengindikasikan adanya pembelajaran kimia organik yang belum berpusat pada siswa belum terbentuk komunitas yang interaktif antara guru dan siswa dan siswa belum dapat mengkonstruk pemahamannya sendiri. Sementara itu Mark Windschitl Jessica Thompson dan Melissa Braaten dalam bukunya tentang Model-Based Inquiry as a New Paradigm of Preference for School Science Investigations memuat tentang pengayaan konsep dan penjelasan fenomena pematangan buah lokal sebagai pembelajaran berbasis inkuiri melalui Critical Thinking Question (CTQ) investigasi dan Exercises. Melalui tahapan inkuiri terbimbing merumuskan masalah merumuskan hipotesis sebagai konsepsi awal pengumpulan data analisis data dan membuat kesimpulan diharapkan permasalahan materi Hidrokarbon pada pembelajaran kimia dapat diminimalkan.Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan (2) mengetahui kelayakan (3) menguji efektivitas e-modul Hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing versi Abrahamson J. dan Windschitl M. untuk R-SMA-BI. Untuk menghasilkan e-modul penelitian pengembangan ini mengacu pada model Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate (ADDIE) karena sifatnya yang lebih generik dibanding model lainnya. Untuk mengetahui kelayakannya dilakukan uji validitas. Validitas ditentukan oleh ahli isi ahli media ahli bahasa penilaian rekan sebaya dan uji coba kelompok kecil E-modul diujicobakan pada lapangan terbatas di SMAN 1 Kraksaan sebagai salah satu R-SMA-BI di Jawa Timur setelah divalidasi dan direvisi. Untuk menguji efektivitas e-modul digunakan desain uji coba kuasi eksperimen. Setelah diperoleh dua jenis data dilakukanlah analisis terhadap data deskriptif data kuantitatif tersebut. Analisis data deskriptif dipergunakan untuk menilai atau mengetahui kelayakan isi desain dan bahasa yang digunakan sedangkan analisis data kuantitatif dipergunakan untuk menguji efektivitas penggunaan e-modul. E-modul merupakan hasil adaptasi materi Hidrokarbon dari KTSP dan kurikulum Cambridge (IGCSE). Untuk mengaksesnya siswa dapat mengunjungi http //localhost/emodul/ tanpa koneksi dengan internet. Untuk tujuan itu Personal Computer atau laptop yang digunakan harus ter-install software MOODLE terlebih dahulu. Berdasarkan penilaian standar kelayakan dari BSNP komponen isi/materi penyajian/media dan kebahasaan di dalam e-modul hasil pengembangan dinyatakan dengan kriteria layak dan dari hasil revisi dinyatakan baik oleh siswa saat uji coba kelompok kecil. Selanjutnya dalam uji lapangan terbatas e-modul hasil pengembangan dinyatakan baik. Rata-rata nilai hasil belajar Hidrokarbon untuk kelas eksperimen yang mengalami pembelajaran dengan e-modul adalah 81 0. Hasil ini lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang tidak mengalami pembelajaran dengan e-modul yang rata-rata nilainya 78 7. Persentase ketercapaian ketuntasan belajar untuk kelas eksperimen sebesar 93 7% lebih baik dari kelas kontrol yaitu 84 3%. Hasil ini menunjukkan bahwa e-modul Hidrokarbon hasil pengembangan terbukti efektif untuk pembelajaran pada R-SMA-BI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60040

Actions (login required)

View Item View Item