Pengembangan modul pembelajaran IPA (KIMIA) dengan pendekatan Inkuiri terbimbang pada materi asam-basa untuk siswa Kelas VII RSMP-BI / Hasnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran IPA (KIMIA) dengan pendekatan Inkuiri terbimbang pada materi asam-basa untuk siswa Kelas VII RSMP-BI / Hasnawati

Hasnawati (2013) Pengembangan modul pembelajaran IPA (KIMIA) dengan pendekatan Inkuiri terbimbang pada materi asam-basa untuk siswa Kelas VII RSMP-BI / Hasnawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modulpembelajaran pendekataninkuiriterbimbing materiasam basadangaram rintisansekolahbertarafinternasional. DirektoratPembinaanSekolahMenengahPertama (PSMP) telahmenerbitkanbukupeganganuntuksiswaRSBI yang menggunakanbahasapengantarberbahasaInggrispada matapelajaran IPA Terpaduyaitubuku yang berjudul Science .Analisisterhadapbuku yang berjudul Science yang dikeluarkanoleh PSMP padatopikasam basadangaramtelahdilakukan. Menurut hasil analisis buku tersebut memiliki beberapa kekurangan diantaranya yaitu contoh asam yang diberikansangat abstrak pada buku ini memberikan contoh asam yaitu asam laktat yang dihasilkan ketika berolahraga pemaparanmaterinyatidakterurutdenganbaik lebihmenekankanpadaaspekmakroskopisdansimbolis lebihmenekankansegiisi (content) daripada proses dalampemahamansuatukonsep. Untuk itupengembanganbahan ajarperludilakukan salahsatucara yang dapatdilakukanyaitudenganmengembangkanmodulpembelajaran yang sesuaidengankebutuhansiswa RSBI yaitu modul pembelajaran yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing.Adapun alasan mengapa dikemas dalam bentuk modulkarena pembelajaran dengan modulsangatrelevandengankurikulum RSBI yang akanmenerapkansistemSatuanKredit Semester (SKS) dengan modulsiswa dapat mengontrol kemampuan dan intensitas belajarnya serta dapat dipelajari dimana saja dan kapan saja modul sebagaibahanpembelajaranmandiriatau individual pada proses pembelajarandapatmeningkatkankeaktifansiswa. Selain itu ditinjau dari struktur bahan ajar modul memiliki struktur yang lengkap dibandingkan dengan bahan ajar lain.Pemilihanmateriasam basadangaramdalampengembanganmoduldikarenakanmaterinya sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari bersifat eksperimen sehingga sangat sesuai diajarkan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing selain itu sebagian besarkonsepasam basadangarambersifatabstrak dan sehinggasangatsulitdipahamiolehsiswa SMP karenasiswa SMP kelas VII perkembanganinteleknyaberadapadaperalihanantaratingkatoperasikonkritdantingkatoperasi formal. Perkembanganintelek (kesanggupanberpikir formal/abstrak) dapatditingkatkanapabilapengajarandilakukandenganberorientasikanpada proses inkuiri.Pengembanganmodulasam basa dan garam ini menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing karenapendekatan inkuiri terbimbing memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan menumbuh kembangkan sikap ilmiah dengan sedikit bimbingan dari guru sehingga pembelajaran akan lebih berpusat pada siswa. Pengembanganmodulasam basa dan garam mengadopsi model 4D yang dikembangkanolehThiagarajan Semmel danSemmel yang terdiriatas 4 tahap.Tahappertamayaitupendefinisian(define) yang terdiri dari analisis keadaan awal lapangan dan analisis kebutuhan siswa tahapkeduamembuatperancangan(design) tahapketigaadalahmengembangkan(develope)dantahapkeempatdistribusi(disseminate)modul yang akandikembangkan. Sebelummasukpadatahapkeempat modulpembelajaranhasilpengembangandinilaiolehdua orang dosenkimiaUniversitasNegeri Malang dandua orang guru kimia.Penilaianinibertujuanuntukmengetahuitingkatkelayakanmodulpembelajaranhasilpengembanganberdasarkankriteriaisi bahasadanpenyajian.Untukmengetahuitingkatefektifitasmodulpembelajaranhasilpengembangandilakukanujicobapada 29siswakelas VII RSMP-BI Negeri 3 Balikpapan.Data yang dikumpulkanterdiriatas data kualitatifdan data kuantitatif.Data kualitatifterdiriatastanggapandan saranperbaikanterhadapmodulpembelajaranhasilpengembangandaridosenkimia guru kimiasiswaRSMP-BINegeri 3 Balikpapan.Data kualitatifdikumpulkanmenggunakaninstrumenpenilaianmodulpembelajaran yang dikembangkanberdasarkanstandarpenilaianbahan ajar yang dirumuskanolehBadanStandarNasionalPendidikan (BSNP).Data kuantitatifterdiriatasjawabanterhadapangketdanskortesprestasibelajarsiswa RSMP-BI Negeri 3 Balikpapansetelahmenggunakanmodulpembelajaranhasilpengembangan.Data kuantitatifdikumpulkanmenggunakaninstrumenangketdaninstrumentesprestasibelajar.Data yang terkumpuldianalisismenggunakanteknikdeskriptifdanstatistik.Instrumentesprestasibelajarsiswa yang digunakanterdiriatas 28 item soal memiliki validitas isi sebesar 0.96dankoefisienkorelasireliabilitassebesar 0 71 dengan menggunakan metode belah dua (split-half method). Modulpembelajaranhasilpengembanganterdiriatasduakegiatanbelajaryaitukegiatanbelajarutamadanpengayaan.Penilaiandosenkimiamenunjukanbahwatingkatkelayakanmodulpembelajaranhasilpengembangansebesar 90 0% darisegiisi sebesar 87 5% darisegikebahasaan dansebesar 87 5% darisegipenyajian. Penilaian guru kimiamenunjukantingkatkelayakanmodulpembelajaranhasilpengembangansebesar 90 0% darisegiisi sebesar 85 0% darisegikebahasaandan 87 5% darisegipenyajian.Berdasarkanpenilaianahliisidanmateritersebutmodulpembelajaranhasilpengembanganlayakdigunakandalampembelajaranpadamateriasam basadangaram.Keefektifanmoduldilihatdaripersepsisiswadiperolehsebesar 84 8% dengankriteriaefektifdanhasiltesprestasibelajarsiswamenunjukan93 1% siswamemperolehnilaidiatasKriteriaKetuntasan Minimal (KKM) yaitu 76. Berdasarkanhasilprestasibelajarsiswadanpersepsisiswatersebutmodulpembelajaranhasilpengembanganefektifmembantumerekadalampembelajaranpadamateriasam basadangaram.Dengandemikianhasilpenilaiandanujicobamenunjukanhasilprodukpengembangandapatdigunakandalampembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60036

Actions (login required)

View Item View Item