Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dipadu dengan diagram alir terhadap kualitas proses belajar, prestasi belajar, dan persepsi siswa SMA Islam Malang pada topik kesetimbangan kimia / Pahriah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dipadu dengan diagram alir terhadap kualitas proses belajar, prestasi belajar, dan persepsi siswa SMA Islam Malang pada topik kesetimbangan kimia / Pahriah

Pahriah (2012) Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dipadu dengan diagram alir terhadap kualitas proses belajar, prestasi belajar, dan persepsi siswa SMA Islam Malang pada topik kesetimbangan kimia / Pahriah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. (II) Prof. Drs. H. Effendy M.Pd. Ph.D. Kata kunci inkuiri terbimbing diagram alir kualitas proses belajar hasil belajar persepsi siswa. Kesetimbangan kimia adalah salah satu topik yang dipelajari di kelas XI jurusan IPA SMA/MA. Topik ini terdiri dari berbagai konsep abstrak seperti keadaan setimbang kesetimbangan dinamis dan pergeseran kesetimbangan yang cenderung tidak mudah dipahami oleh siswa. Kondisi ini membuat siswa merasa kesulitan memahami topik kesetimbangan kimia. Permasalahan ini bisa diatasi dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing. Dalam pendekatan ini siswa harus menemukan konsep dengan menganalisa data yang diperoleh dari eksperimen laboratorium atau diberikan oleh guru. Persiapan dan pengorganisasian proses belajar yang matang menjadi faktor penentu dalam menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing. Salah satu cara mengorganisasi inkuiri terbimbing dengan tepat adalah dengan menggunakan diagram alir. Diagram alir akan memaksimalkan persiapan siswa sebelum melakukan inkuiri. Tujuan penelitian adalah untuk membandingkan (1) kualitas proses belajar dalam pengajaran topik kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing yang dipadu dengan dan tanpa diagram alir (2) prestasi belajar siswa dalam pengajaran topik kesetimbangan kimia dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing yang dipadu dengan dan tanpa diagram alir dan (3) persepsi siswa tentang penerapan pendekatan inkuiri terbimbing yang dipadu dengan dan tanpa diagram alir. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan eksperimen semu. Rancangan deskriptif digunakan untuk menjelaskan kualitas proses belajar dan persepsi siswa mengenai pendekatan yang digunakan. Rancangan eksperimen semu digunakan untuk membandingkan efek kedua pendekatan pengajaran terhadap hasil belajar kognitif. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas siswa XI jurusan IPA SMA Islam pada tahun ajaran 2010/2011. Satu kelas menjadi subjek penerapan proses belajar dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing yang dipadu dengan diagram alir sedangkan kelas satunya menjadi subjek penerapan proses belajar tanpa diagram alir. Data penelitian terdiri dari kualitas proses belajar hasil belajar siswa (terdiri dari aspek kognitif afektif dan psikomotor) dan persepsi siswa mengenai pendekatan yang diterapkan. Semua data kecuali hasil belajar kognitif dan persepsi siswa dikumpulkan berdasarkan observasi. Hasil belajar kognitif siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 28 item dengan validitas isi 92% dan reliabilitas koefisien yang dihitung dengan menggunakan rumus KR-20 sebesar 0 87. Data tentang persepsi siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket. Berikut ini adalah hasil penelitian. Pertama kualitas proses belajar baik pada inkuiri terbimbing yang dipadu dengan dan tanpa diagram alir bisa dianggap bagus. Kedua pendekatan inkuiri terbimbing yang dipadu dengan diagram alir memberikan hasil belajar kognitif siswa yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing tanpa diagram alir. Ketiga persepsi siswa terhadap pendekatan inkuiri terbimbing yang dipadu dengan diagram alir lebih positif dibandingkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing tanpa diagram alir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60034

Actions (login required)

View Item View Item