Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan program moodle pada materi reaksi redoks serta larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa / Luluk Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan program moodle pada materi reaksi redoks serta larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa / Luluk Mufidah

Mufidah, Luluk (2012) Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan program moodle pada materi reaksi redoks serta larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa / Luluk Mufidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Subandi M.Si (2) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. Kata Kunci inkuiri terbimbing Moodle motivasi hasil belajar. Reaksi redoks larutan elektrolit dan nonelektrolit merupakan materi dasar yang diajarkan di kelas X semester 2. Materi tersebut adalah prasyarat untuk mempelajari materi elektrokimia. Sebagai bagian dari ilmu kimia materi ini melibatkan produk dan proses. Produk terdiri dari konsep prinsip dan hukum. Proses berhubungan dengan metode dalam memperoleh produk. Pengajaran materi ini akan lebih baik jika siswa diarahkan untuk menemukan konsep prinsip dan hukum sendiri melalui penyelidikan (inkuiri). Namun inkuiri bebas tidak mungkin dilakukan oleh siswa SMA karena kurangnya pengalaman melakukan aktivitas laboratorium sains di SMP. Mereka membutuhkan bimbingan selama penyelidikan. Oleh karena itu inkuiri terbimbing merupakan pendekatan yang paling tepat untuk diterapkan dalam pengajaran reaksi redoks larutan elektrolit dan nonelektrolit. Inkuiri terbimbing dapat dilakukan melalui percobaan di laboratorium atau dengan melihat video tentang percobaan di laboratorium. Model yang pertama dapat didukung dengan model statis dari fenomena kimia seperti gambar sedangkan model yang kedua dapat didukung dengan model dinamis dari fenomena kimia seperti animasi. Video tentang percobaan laboratorium dan animasi dapat dikemas dalam program Moodle. Program ini tidak hanya mampu menyajikan materi pelajaran dengan video dan animasi tetapi juga dapat memindahkan aktivitas-aktivitas yang biasanya dilakukan di dalam kelas ke dalam lingkungan berbasis online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang diajar dengan inkuiri terbimbing yang didukung dengan percobaan laboratorium dan siswa yang diajar dengan inkuiri terbimbing yang didukung dengan program Moodle. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu. Subjek penelitian adalah 2 kelas dari siswa kelas X SMAN 8 Malang. Satu kelas diberi perlakuan menggunakan inkuiri terbimbing yang didukung dengan percobaan laboratorium sedangkan kelas yang lain diberi perlakuan menggunakan inkuiri terbimbing yang didukung dengan program Moodle. Data penelitian terdiri dari motivasi dan hasil belajar siswa. Data motivasi belajar siswa diambil menggunakan angket dengan 30 item. Angket motivasi mempunyai validitas isi sebesar 92 3% validitas butir soal mempunyai rentang 0 37-0 78 dan koefisien reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach sebesar 0 74. Data hasil belajar siswa diambil menggunakan tes hasil belajar dengan 20 butir soal objektif. Tes hasil belajar ini mempunyai validitas isi sebesar 95% dan koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Spearman Brown sebesar 0 69. Data tentang motivasi dan hasil belajar siswa diuji statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran materi reaksi redoks larutan elektrolit dan nonelektrolit (1) tidak ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan inkuiri terbimbing yang didukung dengan percobaan di laboratorium dan siswa yang diajar menggunkan inkuiri terbimbing yang didukung dengan program Moodle (2) ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan inkuiri terbimbing yang didukung dengan percobaan di laboratorium dan siswa yang diajar menggunakan inkuiri terbimbing yang didukung dengan program Moodle. Model yang kedua memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model yang pertama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60032

Actions (login required)

View Item View Item