Pengaruh variasi media pada Cooperative Learning Cycle 5E (CLC 5E) dan kemampuan awal terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam materi laju reaksi / Istri Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi media pada Cooperative Learning Cycle 5E (CLC 5E) dan kemampuan awal terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam materi laju reaksi / Istri Setyowati

Setyowati, Istri (2012) Pengaruh variasi media pada Cooperative Learning Cycle 5E (CLC 5E) dan kemampuan awal terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam materi laju reaksi / Istri Setyowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D. (II) Prof. Srini M. Iskandar M.Sc Ph.D. Kata-kata kunci variasi media CLC 5E kemampuan awal motivasi hasil belajar Laju reaksi merupakan salah satu topik dalam pelajaran kimia yang diajarkan pada siswa kelas XI IPA SMA. Topik ini dapat dianggap sulit dipahami oleh siswa karena sarat dengan konsep abstrak perhitungan kimia dan representasi grafik. Kesulitan berkaitan keabstrakan konsep dapat diatasi dengan model konkrit misalnya dengan menggunakan animasi. Kesulitan berkaitan dengan perhitungan kimia tampaknya dapat diatasi apabila siswa dilatih untuk menyelesaikan soal-soal hitungan tentang laju reaksi secara sistematik. Kesulitan berkaitan dengan representasi grafik tampaknya dapat diatasi dengan melatih siswa mengidentifikasi variable-variabel yang terdapat dalam grafik dan memahami hubungan antara mereka. Animasi-animasi yang dipilih dapat dikemas dalam media flash. Pembelajaran materi laju reaksi akan bermakna apabila siswa menemukan sendiri konsep-konsep yang dipelajari. Hal ini dapat dilakukan dengan pembelajaran yang berorientasi pada penemuan. Salah satu model pembelajaran yang tampaknya memenuhi kriteria di atas adalah Cooperative Learning Cycle 5E (CLC5E). Kegiatan penemuan akan berlangsung dengan efektif apabila siswa mempersiapkan kegiatan belajar yang akan dilakukan secara cermat dan mereka dapat melakukan refleksi tentang kegiatan belajar yang telah dilakukan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan pembuatan jurnal metakognitif. Dengan membuat jurnal tersebut keterampilan metakognitif siswa akan semakin terlatih. Media flash dan jurnal metakognitif ini merupakan media pembelajaran yang diyakini berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Di samping media pembelajaran faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa adalah kemampuan awal siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan (a) dengan model CLC 5E dan model CLC 5E-flash (b) dengan model CLC 5E dan model CLC 5E-flash-jurnal metakognitif dan (c) dengan model CLC 5E-flash dan model CLC 5E-flash-jurnal metakognitif (2) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan (a) dengan model CLC 5E dan model CLC 5E-flash (b) dengan model CLC 5E dan model CLC 5E-flash-jurnal metakognitif dan (c) dengan model CLC 5E-flash dan model CLC 5E-flash-jurnal metakognitif (3) perbedaan motivasi belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah (4) perbedaan hasil belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah (5) interaksi antara variasi media dengan kemampuan awal terhadap motivasi belajar (6) interaksi antara variasi media dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 3x2. Subyek penelitian adalah tiga kelas siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM pada tahun pelajaran 2011/2012. Dua kelas masing-masing terdiri dari 32 siswa dan satu kelas terdiri 30 siswa. Satu kelas mengikuti pembelajaran model CLC 5E satu kelas yang lain mengikuti pembelajaran yang merupakan kombinasi dari CLC 5E-flash satu kelas sisanya mengikuti pembelajaran yang merupakan kombinasi dari CLC 5E-flash- jurnal metakognitif. Data penelitian terdiri dari motivasi belajar hasil belajar dan keterampilan metakognitif siswa. Data keterampilan metakognitif diperoleh dari jurnal metakognitif yang dibuat oleh siswa. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan angket. Hasil uji coba menunjukkan bahwa angket tersebut memiliki koefisien reliabilitas dihitung dengan menggunakan persamaan Alfa Cronbach sebesar 0 82. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 item dengan validitas isi 91% dan koefisien reliabilitas dihitung berdasarkan metode belah dua sebesar 0 93. Data hasil belajar diuji dengan statistik manova. Hasil-hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model CLC 5E-flash-jurnal metakognitif adalah lebih tinggi dibandingkan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model CLC 5E-flash atau model CLC 5E motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model CLC 5E-flash adalah lebih tinggi dibandingkan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model CLC 5E (2) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model CLC 5E-flash-jurnal metakognitif adalah lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model CLC 5E-flash atau CLC 5E hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model CLC 5E-flash tidak berbeda dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model CLC 5E (3) tidak terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa berkemampuan awal tinggi dengan siswa berkemampuan awal rendah (4) siswa dengan kemampuan awal tinggi hasil belajarnya adalah lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kemampuan awal rendah (5) tidak terdapat interaksi antara variasi media dan kemampuan awal terhadap motivasi belajar siswa (6) tidak terdapat interaksi antara variasi media dan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60030

Actions (login required)

View Item View Item