Pengaruh modalitas belajar terhadap hasil belajar stoikiometri siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Kauman Ponoroga dalam pembelajaran problem posing-learning cycle tiga fase / Norainny Yunitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modalitas belajar terhadap hasil belajar stoikiometri siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Kauman Ponoroga dalam pembelajaran problem posing-learning cycle tiga fase / Norainny Yunitasari

Yunitasari, Norainny (2012) Pengaruh modalitas belajar terhadap hasil belajar stoikiometri siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Kauman Ponoroga dalam pembelajaran problem posing-learning cycle tiga fase / Norainny Yunitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci problem posing-learning cycle tiga fase modalitas belajar stoikiometri hasil belajar kualitas proses pembelajaran. Stoikiometri merupakan topik kimia yang membahas tentang hubungan kuantitatif suatu zat dari suatu satuan menjadi satuan yang lain. Hubungan kuantitatif juga terjadi antara zat-zat yang terlibat dalam persamaan reaksi. Kemampuan berpikir proporsional dan korelasional diperlukan dalam mempelajari stoikiometri dengan baik. Kemampuan berpikir ini dimiliki oleh siswa yang mencapai tingkat berpikir formal ditinjau dari teori perkembangan intelek Piaget. Kemampuan berpikir ini mungkin meningkat ketika siswa menerima rangsangan yang cukup berkualitas selama proses pembelajaran. Penerapan dari learning cycle tiga fase mungkin memberikan rangsangan yang cukup berkualitas selama fase eksplorasi pengenalan konsep dan aplikasi konsep. Frekuensi dan kualitas dari rangsangan mungkin meningkat jika problem posing dikenalkan di tahap ketiga dari learning cycle tiga fase. Modalitas belajar mungkin juga mempengaruhi frekuensi dan kualitas dari munculnya rangsangan selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh modalitas belajar terhadap hasil belajar dan kualitas proses pembelajaran dari kelas yang terlibat dalam pembelajaran problem posing-learning cycle tiga fase pada topik stoikiometri. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan post test only design. Populasi penelitian adalah siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo. Subyek penelitian adalah dua kelas yang masing-masing terdiri dari 22 siswa. Satu kelas diperlakukan dengan pembelajaran problem posing-learning cycle tiga fase dengan memperhatikan modalitas belajar kelas yang lain diperlakukan dengan pembelajaran problem posing-learning cycle tiga fase tanpa memperhatikan modalitas belajar. Data penelitian adalah hasil belajar kognitif dan kualitas dari proses pembelajaran. Data yang pertama dikumpulkan dengan menggunakan tiga jenis tes obyektif yang terdiri dari 20 soal (11 soal pilihan ganda 5 soal assertion-reason questions dan 4 soal merupakan matching questions) dengan validitas isi sebesar 88% dan koeffisien reliabilitas dihitung menggunakan SPSS 16 for windows sebesar 0 612. Data selanjutnya dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar kognitif dari kelas yang melibatkan problem posing-learning cycle tiga fase dengan memperhatikan modalitas belajar lebih tinggi dibandingkan dengan yang tanpa memperhatikan modalitas belajar dan (2) kualitas proses pembelajaran dari kelas yang melibatkan problem posing-learning cycle tiga fase dengan memperhatikan modalitas belajar lebih baik dibandingkan dengan yang tanpa memperhatikan modalitas belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60029

Actions (login required)

View Item View Item