Keefektifan penerapan blended learning ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kota Bima pada materi laju reaksi / Masyhudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penerapan blended learning ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kota Bima pada materi laju reaksi / Masyhudin

Masyhudin (2012) Keefektifan penerapan blended learning ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kota Bima pada materi laju reaksi / Masyhudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci blended learning motivasi belajar hasil belajar laju reaksi. Kesulitan siswa dalam memahami materi laju reaksi disebabkan oleh sifat abstrak konsep-konsep dalam materi ini rendahnya motivasi belajar siswa dan rendahnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran terutama dalam mengajukan pertanyaan ketika mereka mengalami kesulitan. Beberap solusi alternatif untuk memecahkan masalah ini adalah 1) menggunakan model konkret untuk membahas konsep abstrak 2) menggunakan animasi untuk meningkatkan motivasi siswa 3) pelaksanaan pembelajaran online dan (4) melibatkan siswa dalam percobaan di laboratorium. Pembelajaran online akan meningkatkan keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan ketika mereka mengalami kesulitan. Model pembelajaran yang menggabungkan keempat strategi dapat disebut sebagai model blended learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan pengaruh blended learning dan pembelajaran konvensional pada motivasi dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Model blended learning yang diimplementasikan dalam penelitian ini adalah kombinasi aktivitas pembelajaran di ruang kelas percobaan di laboratorium dan pembelajaran online sedangkan pembelajaran konvensional adalah kombinasi aktivitas pembelajaran di ruang kelas dan pembelajaran di laboratorium. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kota Bima. Data penelitian adalah skor motivasi dan skor hasil belajar. Data Motivasi dikumpulkan dengan menggunakan angket terdiri dari 36 item yang valid dihitung dengan korelasi bivariat Pearson dan koefisien reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach sebesar 0 97. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan lima option terdiri dari 25 item yang valid dihitung dengan korelasi bivariat Pearson dan koefisien reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach sebesar 0 90. Statistik uji t digunakan dalam membandingkan motivasi dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari blended learning dan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pada penerapan blended learning diperoleh motivasi belajar siswa yang lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional 2) Pada penerapan blended learning diperoleh hasil belajar siswa yang lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60028

Actions (login required)

View Item View Item