Pengaruh strategi problem based learning pada pembelajaran kimia bahan alam terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan proses sains, dan hasil belajar mahasiswa divergen dan konvergen / Yusran Khery - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi problem based learning pada pembelajaran kimia bahan alam terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan proses sains, dan hasil belajar mahasiswa divergen dan konvergen / Yusran Khery

Khery, Yusran (2012) Pengaruh strategi problem based learning pada pembelajaran kimia bahan alam terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan proses sains, dan hasil belajar mahasiswa divergen dan konvergen / Yusran Khery. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Subandi M.Si. (II) Prof. H. Suhadi Ibnu Ph.D. Kata kunci Problem Based Learning keterampilan metakognitif proses sains hasil belajar karakter berpikir. Hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan kimia bahan alam adalah tidak sekedar mengetahui dan mengenali senyawa-senyawa bahan alam akan tetapi juga mampu merancang prosedur untuk melakukan isolasi identifikasi dan memahami pemanfaatan senyawa-senyawa bahan alam. Perkuliahan kimia bahan alam yang selama ini diterapkan di IKIP Mataram belum dapat mencapai hasil belajar tersebut. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang tidak dimulai dari permasalahan masih berpusat pada dosen dan mahasiswa tidak dilibatkan dalam pengalaman investigasi laboratorium. Salah satu strategi yang mungkin dapat memberikan hasil belajar yang diharapkan adalah Problem Based Learning (PBL). Pada PBL kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah dapat dipengaruhi oleh keterampilan metakognitif ketrampilan proses sains serta karakter berpikir divergen dan konvergen mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan sebaran subjek berdasarkan karater berpikirnya (2) mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi PBL dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional (3) mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif antara mahasiswa dengan karakter berpikir divergen dan mahasiswa dengan karakter berpikir konvergen yang dibelajarkan dengan strategi PBL dan (4) mengetahui korelasi antara keterampilan metakognitif keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan karakter berpikir divergen dan konvergen pada perkuliahan Kimia Bahan Alam. Penelitian ini menggunakan empat macam rancangan yaitu rancangan penelitian deskriptif rancangan eksperimental semu rancangan pra-eksperimental dan rancangan korelasional untuk menjawab tujuan penelitian nomor satu sampai empat secara berturut-turut. Subjek penelitian adalah 84 mahasiswa program studi Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Mataram tahun akademik 2011/2012 peserta mata kuliah Kimia Bahan Alam. Subjek penelitian dibagi dalam 2 kelompok. Satu kelompok terdiri dari 33 mahasiswa dibelajarkan dengan strategi PBL sedangkan kelompok lainnya terdiri dari 51 mahasiswa dibelajarkan dengan strategi konvensional. Data penelitian terdiri dari skor karakter berpikir divergen dan konvergen data keterampilan metakognitif data keterampilan proses sains dan skor hasil belajar kognitif mahasiswa. Empat instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) angket karakter berpikir divergen dan konvergen terdiri dari masing-masing 20 item deskriptor untuk masing-masing karakter dengan validitas konstruk sebesar 0 84 dan koefisien reliabilitas dihitung dengan persamaan Alpha sebesar 0 55 (2) angket keterampilan metakognitif yang diadaptasi dari Schraw Dennison (1994) yang terdiri dari 39 item dengan koefisien reliabilitas dihitung dengan persamaan Alpha sebesar 0 89 (3) lembar observasi keterampilan proses sains yang diadaptasi dari Subali (2009) dan (4) tes hasil belajar kognitif yang terdiri dari 19 item soal pilihan ganda dengan validitas isi sebesar 0 94 dan koefisien reliabilitas dihitung dengan persamaan Anava Hoyt sebesar 0 85. Data karakter berpikir keterampilan metakognitif dan keterampilan proses sains mahasiswa dianalisis secara deskriptif sedangkan data penelitian yang lain dianalisis secara statistik. Uji t digunakan untuk membandingkan data hasil pembelajaran yang diperoleh dari mahasiswa pada pembelajaran dengan strategi PBL dan konvensional. Uji Mann-Whitney digunakan dalam membandingkan data hasil pembelajaran mahasiswa dengan karakter berpikir divergen dan mahasiswa dengan karakter berpikir konvergen sedangkan untuk menentukan hubungan antar variabel digunakan persamaan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 20 2% mahasiswa termasuk dalam kategori berpikir konvergen 19 1% mahasiswa termasuk dalam kategori berpikir divergen sedangkan 60 7% mahasiswa tidak dapat dikategorikan (2) tidak terdapat perbedaan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa yang diperoleh dari pembelajaran dengan strategi PBL dan strategi konvensional (3) tidak terdapat perbedaan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif antara mahasiswa dengan karakter berpikir divergen dan mahasiswa dengan karakter berpikir konvergen. Keterampilan proses sains mahasiswa dengan karakter berpikir divergen lebih baik dibandingkan keterampilan proses sains mahasiswa dengan karakter berpikir konvergen (4) terdapat korelasi positif yang sangat kuat antara keterampilan metakognitif dengan keterampilan proses sains baik pada mahasiswa dengan karakter berpikir divergen maupun konvergen namun tidak terdapat korelasi antara keterampilan metakognitif dan keterampilan proses sains dengan hasil belajar kognitif mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60027

Actions (login required)

View Item View Item