Nida, Safwatun (2012) Pengembangan scien book for grade VII of junior high school / Safwatun Nida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Effendy Ph.D (2) Dr. I Wayan Dasna M.Si M.Ed. Kata kunci pengembangan sciece book makroskopis-mikroskopis-simbolis IPA terpadu model connected Pembelajaran IPA pada tingkat SMP memerlukan buku sebagai sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik konsep IPA. Pelajaran IPA harus disusun secara berjenjang karena mengandung konsep dasar yang mendasari konsep tingkat lanjut. Konsep IPA juga diberikan secara terpadu karena suatu konsep berhubungan dengan konsep lain. Pemaduan konsep-konsep IPA dapat dilakukan dengan menggunakan model pemaduan connected. Selain itu hendaknya konsep IPA diberikan dengan representasi makroskopis mikroskopis simbolik yang seimbang. Analisis terhadap beberapa buku IPA kelas VII yang telah dilakukan menunjukkan belum optimalnya keberjenjangan keterpaduan dan penggunaan representasi makroskopis-mikroskopis-simbolis yang seimbang. Oleh karena itu diperlukan pengembangan buku IPA kelas VII yang sesuai dengan karakteristik konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan buku Science Book for Grade VII of Junior High School yang sesuai dengan karakteristik konsep IPA (2) mengetahui kelayakan isi penyajian dan kebahasaan buku hasil pengembangan (3) mengetahui keefektifan buku hasil pengembangan dilihat dari hasil belajar siswa (4) mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan buku hasil pengembangan. Pengembangan produk menggunakan acuan model pengembangan ASSURE dengan prosedur pengembangan meliputi beberapa tahapan pokok yaitu (1) analisis siswa analisis kompetensi analisis buku yang ada (2) perencanaan rancangan buku berdasarkan kebutuhan siswa (3) pengembangan buku berdasarkan rancangan yang telah ditetapkan (4) Peniliaian dan revisi. Penilaian terhadap kelayakan isi dan penyajian produk hasil pengembangan dilakukan oleh 2 dosen kimia dan 3 guru IPA SMP sedangkan penilaian terhadap kelayakan bahasa dilakukan oleh dua orang guru bahasa Inggris. Subjek ujicoba adalah siswa Pendidikan Dasar Laboratorium UM yakni 3 siswa kelas IX dalam ujicoba perorangan untuk mendapatkan revisi mengenai kesalahan penulisan 6 siswa kelas VIII dalam ujicoba kelompok kecil untuk mendapatkan revisi mengenai kata atau kalimat yang dianggap sulit dan 10 siswa kelas VII dalam ujicoba lapangan terbatas untuk mendapatkan data keefektifan buku hasil pengembangan dan persepsi siswa terhadap penggunaan buku hasil pengembangan. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantifatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan dari dosen guru dan siswa nilai hasil belajar siswa dan skor persepsi siswa. Data kuantitatif berupa nilai kelayakan isi penyajian dan bahasa dari dosen dan guru yang didapat dari angket kelayakan yang dikembangkan berdasarkan standar evaluasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan. Keefektifan buku hasil pengembangan diukur berdasarkan nilai kognitif afektif dan psikomotor siswa. Nilai kognitif diperoleh dari nilai latihan laporan dan soal uji kompetensi. Uji kompetensi terdiri dari 50 soal multiple choice yang valid
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Apr 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |