Fatmawati, Lilik (2012) Pengembangan bahan ajar modul elektrokimia untuk siswa SMA kelas XII IPA dengan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing / Lilik Fatmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Subandi M. Si. (2) Prof. Drs. H. Effendy M.Pd. Ph.D Kata kunci inkuiri terbimbing modul elektrokimia sekolah menengah atas Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa siswa cenderung kesulitan dalam mempelajari materi elektrokimia karena materinya bersifat abstrak. Hal itu ditunjukkan oleh kesalahan konsep yang terjadi pada siswa dan rendahnya pencapaian hasil belajar. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan modul elektrokimia dengan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing. Penggunaan modul ini memungkinkan siswa terlibat dalam proses pembelajaran sehingga konsep elektrokimia dapat dipahami dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul elektrokimia menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa SMA Kelas XII IPA SMA yang dikembangkan dan (2) efektifitas modul yand dikembangkan setelah digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembangan bahan ajar modul elektrokimia dengan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing ini menggunakan model pengembangan 4-D (four-D model) oleh Thiagarajan dan Semmel (1974) yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (Pendefinisian) Design (perancangan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Kelayakan modul dinilai menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan standar evaluasi materi pembelajaran yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Penilaian meliputi kelayakan isi kelayakan penyajian dan kelayakan kebahasaan. Modul yang dikembangkan dinilai oleh dua dosen kimia Universitas Negeri Malang dan dua guru kimia kelas XII sebagai ahli isi/materi dan enam siswa kelas XII IPA SMA yang telah mempelajari materi elektrokimia. Keefektifan modul didasarkan pada hasil belajar siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Talun setelah dilibatkan dalam proses pembelajaran menggunakan modul yang dikembangkan. Hasil belajar siswa terdiri dari hasil belajar kognitif affektif dan psikomotorik. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif meliputi tanggapan dan saran dari dosen guru dan siswa terhadap modul yang dikembangkan. Data kuantitatif terdiri dari jawaban angket yang diberikan oleh guru dosen siswa dan nilai hasil belajar siswa. Hasil belajar kognitif siswa diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 item soal dengan validitas isi 89 5% dan koefisien reliabilitas 0 80 yang diukur dengan SPSS 16 for windows. Hasil belajar afektif siswa diperoleh dengan menggunakan angket sedangkan hasil belajar psikomotorik siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Modul Elektrokimia yang dikembangkan terdiri dari dua kegiatan belajar yaitu sel Volta dan sel elektrolisis. Skor rata-rata dari kelayakan isi kelayakan penyajian dan kelayakan kebahasaan yang diberikan dosen dan guru adalah 92 1 dari skor total 100 sementara yang diberikan siswa adalah 83 7. Berdasarkan hasil ini modul yang dikembangkan dianggap layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran elektrokimia. Hasil belajar kognitif siswa adalah 83 3% siswa telah mencapai Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 76. Hasil belajar afektif siswa adalah 82 3 termasuk kriteria sangat baik. Hasil belajar psikomotorik siswa adalah 83 8 termasuk kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil yang diberikan di atas dapat disimpulkan bahwa modul elektrokimia menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran elektrokimia di SMA. Penilaian lebih lanjut tentang kelayakan dan efektifitas modul yang dikembangkan harus dilakukan untuk penyebaran yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60025 |
Actions (login required)
View Item |