Keefektifan pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMK PGRI 3 Malang pada konsep larutan elektrolit dan elektrokimia tahun ajaran 2010/2011 / Retnosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMK PGRI 3 Malang pada konsep larutan elektrolit dan elektrokimia tahun ajaran 2010/2011 / Retnosari

Retnosari, Dwi (2012) Keefektifan pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMK PGRI 3 Malang pada konsep larutan elektrolit dan elektrokimia tahun ajaran 2010/2011 / Retnosari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra Surjani Wonorahardjo Ph.D (2) Prof. H. Suhadi Ibnu M.A Ph.D. Kata kunci Problem Based Learning (PBL) hasil belajar larutan elektrolit dan elektrokimia Kurikulum Kimia SMK (1994) mengatakan bahwa tujuan pembelajaran Kimia di SMK adalah untuk memahami konsep-konsep kimia dan saling keterkaitannya mengembangkan daya penalaran berpikir kritis untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari mengembangkan keterampilan proses untuk memperoleh konsep-konsep kimia dan menumbuhkan nilai dan sikap ilmiah. Sehubungan dengan hal tersebut maka dibutuhkan proses pembelajaran yang mampu menumbuhkan sikap ilmiah daya penalaran mengembangkan keterampilan proses dan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis bagi siswa yang mempelajari ilmu kimia. Permasalahannya adalah selama ini pembelajaran Kimia di SMK berpusat kepada guru (teacher centered learning) dan tidak mampu mencapai semua tujuan pembelajaran kimia di SMK. Salah satu alternatif atau strategi pembelajaran yang diharapkan dapat mencapai semua tujuan tersebut adalah pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah pada pembelajaran Larutan Elektrolit dan Elektrokimia PBL memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (2) apakah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang berkemampuan tinggi dan siswa yang berkemampuan rendah dan (3) bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK PGRI 3 Malang jurusan Elektronika Industri yang terdiri dari tiga kelas. Dua kelas diberikan pembelajaran PBL dan salah satu kelas lagi diberi pembelajaran konvensional. Data penelitian terdiri dari tes hasil belajar siswa dengan materi Larutan Elektrolit dan Elektrokimia dan persepsi siswa tentang pembelajaran PBL. Hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 item dengan validitas isi 95 8% dan koefisien reliabilitas 0 75 dihitung dengan menggunakan program SPSS 17.0 for windows. Data tentang persepsi siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Keefektifan model pembelajaran PBL dan konvensional terhadap hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t paired sample t-test. 8195 Hasil penelitian ini adalah (1) pada pembelajaran Larutan Elektrolit dan Elektrokimia PBL memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (2) dalam pembelajaran PBL hasil belajar siswa yang berkemampuan tinggi lebih besar dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan rendah dan (3) siswa memberikan persepsi yang positif terhadap pembelajaran PBL. Persepsi yang positif ini didasarkan pada beberapa indikator seperti perhatian siswa ketertarikan/minat keyakinan dan kepuasan dalam belajar kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60021

Actions (login required)

View Item View Item