Pengaruh model pembelajaran kooperatif stad dengan diagram vee terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis gram kelas XI IPA SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar / Dewi Suryantina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif stad dengan diagram vee terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis gram kelas XI IPA SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar / Dewi Suryantina

Suryantina, Dewi (2011) Pengaruh model pembelajaran kooperatif stad dengan diagram vee terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis gram kelas XI IPA SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar / Dewi Suryantina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) diagram Vee hasil belajar konstruktivisme. Hidrolisis garam merupakan salah satu materi kimia yang diberikan pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Materi hidrolisis garam banyak melibatkan konsep prinsip teori kerja ilmiah serta perhitungan secara matematis sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menghubungkan teori dengan kerja ilmiah yang dilakukan di laboratorium. Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan diagram Vee diduga akan mempermudah siswa dalam mempelajari materi hidrolisis garam karena pada bagian kiri bentuk V siswa dilibatkan untuk mengisi sendiri konsep teori dan juga prosedur kerja serta alat dan bahan yang akan digunakan pada saat melakukan praktikum sesuai dengan pertanyaan fokusnya. Di samping itu pembelajaran kooperatif STAD yang dirangkaikan dengan pembelajaran praktikum menggunakan diagram Vee ini diduga lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD menggunakan diagram Vee dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD pada materi hidrolisis garam 2) mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dengan diagram Vee dan persepsi siswa terhadap model pembelajaran kooperatif STAD tanpa diagram Vee pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar tahun ajaran 2010/2011 sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD dengan diagram Vee dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD tanpa diagram Vee dan kedua model pembelajaran ini merupakan variabel bebas sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Data hasil penelitian merupakan data hasil belajar dan persepsi siswa terhadap model pembelajaran yang diberikan pada masing-masing kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan a) lembar observasi meliputi keaktifan individu dan kelompok yang digunakan untuk mengetahui aspek afektif dan aspek psikomotor dapat diketahui melalui observasi kinerja siswa di laboratorium b) pos tes untuk melihat aspek kognitif siswa setelah dilakukan pembelajaran materi hidrolisis garam yang terdiri dari 20 soal dengan validitas isi 88% dan c) angket yang digunakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap model pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk menentukan persepsi siswa dan statistik untuk menentukan reliabilitas 0 888 dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t menggunakan SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD dengan diagram Vee lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD tanpa diagram Vee pada materi hidrolisis garam dengan rata-rata hasil belajar siswa 84 33 kelas eksperimen dan 76 45 kelas kontrol 2) persepsi siswa terhadap model pembelajaran kooperatif STAD dengan diagram Vee lebih tinggi yaitu 70 10% dibandingkan terhadap model pembelajaran kooperatif STAD yaitu 64 22% pada materi hidrolisis garam. Oleh karena itu model pembelajaran kooperatif STAD dengan diagram Vee pada materi hidrolisis garam ini dapat membantu siswa dalam melakukan kegiatan praktikum di laboratorium karena sebelumnya mereka sudah mengetahui dan merancang sendiri prosedur kerja yang akan dilakukan di laboratorium dalam bentuk diagram Vee serta membantu dalam memahami konsep/teori dengan cara berdiskusi bersama kelompok kooperatif STAD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60019

Actions (login required)

View Item View Item