Sunaryo (2011) Pengembangan modul belajar kimia berorientasi pembelajaran produktif di SMK Program Teknologi / Sunaryo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (II) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. Kata kunci Modul Kimia Pembelajaran Produktif SMK Program Teknologi. Berdasarkan kajian empirik pembelajaran kimia di SMK kelompok Teknologi dan Industri menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Kegiatan belajar tidak dapat dilaksanakan secara optimal. Kenyataan ini berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan (1) tidak ada buku yang terstandar untuk SMK kelompok Teknologi dan Industri (2) sebagian besar guru masih menyajikan kimia dengan metode yang sama dan monoton (3) materi kimia yang diajarkan kepada siswa tidak langsung diaplikasikan pada teknologi yang ada di lapangan kerja siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dikembangkan bahan ajar yang relevan dengan tuntutan pembelajaran kimia SMK. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul kimia untuk SMK yang berkolaborasi dengan kegiatan pembelajaran produktif. Panduan dalam merancang dan mengembangkan modul ini adalah model pengembangan R2D2 yang diperbaharui Willis (2000) dengan titik fokus pada 4 langkah define design develop dan dessiminate. Prosedur pengembangan modul pembelajaran yang dilakukan hanya tiga tahap yaitu tahap pendefinisian tahap perancangan dan tahap pengembangan. Kerangka penyusunan modul dalam pengembangan ini diadaptasi dari model Degeng (2008). Materi kimia yang dikembangkan dalam modul ini adalah Redoks dan Elekrokimia. Serangkaian tahap uji coba yang dilakukan terhadap modul hasil pengembangan yaitu validasi ahli uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data hasil ujicoba dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis kajian produk dan pembahasan diperoleh kesimpulan 1) dalam pengembangan modul pembelajaran kimia untuk SMK Kelompok teknologi dan industri dihasilkan suatu bentuk modul pembelajaran yang sesuai dengan isi materi pelajaran kondisi dan kebutuhan siswa di sekolah dan lapangan kerja 2) modul kimia yang berorientasi pembelajaran produktif memiliki kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru kimia 3) modul dapat meningkatkan kerja sama dan aktivitas siswa di dalam kelas hal ini didukung oleh hasil penilaian dan tanggapan siswa dalam uji kelompok kecil. Di samping itu modul juga terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu modul belajar ini dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa sekolah menengah kejuruan program teknologi. Untuk penerapan lebih lanjut sebaiknya dilakukan evaluasi lagi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi modul khususnya untuk program-program keahlian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60018 |
Actions (login required)
View Item |