Pengaruh penerapan model pembelajaran pemerolehan konsep dipadu pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi belajar, keaktifan dan respon siswa pada pembelajaran ikatan kimia / Putri Ridha Ilahi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran pemerolehan konsep dipadu pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi belajar, keaktifan dan respon siswa pada pembelajaran ikatan kimia / Putri Ridha Ilahi

Ilahi, Putri Ridha (2011) Pengaruh penerapan model pembelajaran pemerolehan konsep dipadu pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi belajar, keaktifan dan respon siswa pada pembelajaran ikatan kimia / Putri Ridha Ilahi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M. Sc. Ph. D. (II) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph. D Kata kunci pemerolehan konsep STAD aktivitas prestasi belajar Ikatan kimia merupakan salah satu materi kimia yang diberikan pada siswa sekolah menengah atas (SMA). Materi ikatan kimia sarat dengan konsep-konsep abstrak seperti konsep tentang orbital pasangan elektron ikatan pasangan elektron bebas elektron valensi tumpang tindih orbital dan hibridisasi. Konsep-konsep abstrak tersebut cenderung dapat dipelajari dengan baik oleh siswa yang telah mencapai tingkat berpikir abstrak berdasarkan teori perkembangan intelek Piaget. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA belum mencapai tingkat berpikir abstrak sehingga mereka cenderung sulit mempelajari konsep-konsep dalam ikatan kimia. Penerapan pembelajaran pemerolehan konsep diduga akan mempermudah siswa dalam mempelajari materi ikatan kimia karena siswa dilibatkan dalam menganalisis dan mengembangkan konsep-konsep yang mereka pelajari. Di samping itu pembelajaran pemerolehan konsep di duga lebih efektif bila dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan (1) prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pemerolehan konsep dipadu pembelajaran kooperatif STAD dan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pemerolehan konsep dalam pembelajaran konvensional (2) keaktifan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pemerolehan konsep dipadu pembelajaran kooperatif STAD dan keaktifan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pemerolehan konsep dalam pembelajaran konvensional (3) respon siswa terhadap pembelajaran pemerolehan konsep dipadu pembelajaran kooperatif STAD dan respon siswa terhadap pembelajaran pemerolehan konsep dalam pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan rancangan eksperimen semu (quasy experiment design). Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada Semester 1 tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian diambil secara kelompok (cluster sampling) yang terdiri dari 38 siswa kelas X-2 sebagai kelompok eksperimen dan 39 siswa kelas X-8 sebagai kelompok kontrol. Data penelitian ini adalah prestasi belajar siswa keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan respon siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif dengan validitas isi 0 84 dan koefisien reliabilitas dihitung dengan menggunakan SPSS 16 for windows sebesar 0 73. Data keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran direkam dengan menggunakan lembar observasi. Data respon siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan diperoleh dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pemerolehan konsep dipadu pembelajaran kooperatif STAD lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pemerolehan konsep dalam pembelajaran konvensional (2) keaktifan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pemerolehan konsep dipadu pembelajaran kooperatif STAD lebih tinggi dibandingkan keaktifan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pemerolehan konsep dalam pembelajaran konvensional (3) respon siswa terhadap pembelajaran pemerolehan konsep dipadu pembelajaran kooperatif STAD adalah lebih positif dibandingkan dengan respon siswa terhadap pembelajaran pemerolehan konsep dalam pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60016

Actions (login required)

View Item View Item