Keefektifan pembelajaran kooperatif model TGT dengan menggunakan media animasi program flash diukur dengan proses dan hasil belajar kimia pada pokok bahasan elektrokimia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Singosari / Khaeruman - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan pembelajaran kooperatif model TGT dengan menggunakan media animasi program flash diukur dengan proses dan hasil belajar kimia pada pokok bahasan elektrokimia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Singosari / Khaeruman

Khaeruman (2011) Keefektifan pembelajaran kooperatif model TGT dengan menggunakan media animasi program flash diukur dengan proses dan hasil belajar kimia pada pokok bahasan elektrokimia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Singosari / Khaeruman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. H. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D (2) Dr. H. Subandi M.Si Kata kunci Team game turnamen media animasi prestasi belajar persepsi siswa elektrokimia. Elektrokimia merupakan suatu topik yang dianggap sulit oleh siswa dan guru. Topik ini terdiri dari konsep-konsep yang abstrak seperti konsep oksidasi dan reduksi dan perhitungan matematik seperti perhitungan tentang massa katode pada sel elektrolisis. Kesulitan-kesulitan siswa dalam mempelajari elektrokimia mungkin dapat diatasi dengan animasi. Dengan mengamati animasi siswa akan lebih mudah untuk memahami konsep yang abstrak. Hal ini cenderung memberikan prestasi belajar siswa menjadi lebih baik pada materi stokiometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan (1) Kualitas proses pembelajaran elektrokimia menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dikombinasikan dengan animasi TGT saja dan paduan pembelajaran konvensional dengan animasi (2) perbedaan hasil belajar siswa dari tiga model pembelajaran yang diterapkan dan (3 ) persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelompok siswa di SMK Negeri 1 Singosari. Kelompok pertama dilibatkan dalam pembelajaran elektrokimia menggunakan TGT dan animasi. Kelompok kedua dilibatkan dalam pembelajaran elektrokimia menggunakan TGT saja. Kelompok ketiga dilibatkan dalam pembelajaran elektrokimia menggunakan paduan konvensional dan animasi. Instrumen penelitian terdiri atas tes hasil belajar lembar observasi dan angket. Tes hasil belajar siswa terdiri dari 30 soal dengan validitas isi 96 5 dan koefisien reliabilitas tes dihitung dengan rumus Correlation Product Moment sebesar 1 00. Observasi dilakukan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran dan angket untuk mengetahui persepsi siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Data tentang hasil belajar siswa di analisis menggunakan ANOVA dilanjutkan dengan uji Tukey HSD. Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh. (1) Kualitas proses pembelajaran elektrokimia menggunakan paduan TGT dan animasi menunjukkan hasil yang lebih baik bila dibandingkan dengan paduan konvensional dan animasi dibandingkan dengan pembelajaran TGT saja. (2) hasil belajar siswa pada pembelajaran elektrokimia menggunakan paduan TGT dan animasi lebih baik dibandingkan dengan paduan pembelajaran konvensional dan animasi serta bila dibandingkan pula dengan hasil belajar siswa dengan TGT saja. (3) Siswa memiliki persepsi positif terhadap ke tiga jenis model pembelajaran yang diterapkan. Persepsi positif terhadap paduan pembelajaran TGT dan animasi adalah yang tertinggi disusul oleh penerapan pembelajaran konvensional dan animasi kemudian pembelajaran TGT saja. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk menerapkan paduan pembelajaran TGT dan animasi dalam mempelajari elektrokimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60015

Actions (login required)

View Item View Item