Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative problem solving dan cooperative problem posing terhadap kualitas proses kognitif dan hasil belajar untuk pokok bahasan termodinamika kimia / Dian Novianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative problem solving dan cooperative problem posing terhadap kualitas proses kognitif dan hasil belajar untuk pokok bahasan termodinamika kimia / Dian Novianti

Novianti, Dian (2011) Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative problem solving dan cooperative problem posing terhadap kualitas proses kognitif dan hasil belajar untuk pokok bahasan termodinamika kimia / Dian Novianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D. (II) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. Kata Kunci cooperative problem solving cooperative problem posing kualitas proses kognitif hasil belajar Termodinamika kimia merupakan salah satu topik yang dipelajari di Perguruan Tinggi. Materi termodinamika kimia berisikan konsep-konsep abstrak dan perhitungan matematik. Sebagian besar mahasiswa menemui kesulitan dalam mempelajari termodinamika kimia. Kesulitan ini disebabkan kurangnya kemampuan berpikir abstrak dan kemampuan algoritmik mahasiswa. Masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran problem solving dan problem posing. Problem solving dan problem posing lebih efektif jika dipadukan dengan pembelajaran kooperatif. Hal ini bertujuan memaksimalkan proses kognitif mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kualitas proses kognitif mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran termodinamika dengan cooperative problem solving dan cooperative problem posing (2) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar (gained score) mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran termodinamika dengan cooperative problem solving dan cooperative problem posing (3) mengetahui perbedaan hasil belajar (final score) mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran termodinamika dengan cooperative problem solving dan cooperative problem posing dan (4) mengetahui perbedaan persepsi mahasiswa terhadap model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan eksperimental semu. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang yang mengikuti mata kuliah Kimia Fisik I pada semester tiga tahun akademik 2010/2011. Data penelitian adalah data proses kognitif hasil belajar dan persepsi mahasiswa. Data proses kognitif dikumpulkan dari angket dan observasi. Data hasil belajar dikumpulkan dari tes hasil belajar. Tes hasil belajar terdiri dari 30 butir soal dengan validitas isi 88 4% dan koefisien reliabilitas dihitung dengan SPSS 16 for Windows sebesar 0 78. Data persepsi mahasiswa dikumpulkan dari angket. Kualitas proses kognitif dianalisis secara deskriptif. Hasil belajar dan persepsi mahasiswa dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas proses kognitif mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran termodinamika dengan cooperative problem solving termasuk dalam kategori baik (77 5%) sedangkan kualitas proses kognitif mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran termodinamika dengan cooperative problem posing termasuk dalam kategori cukup (67 6%) (2) cooperative problem posing menghasilkan gained score lebih tinggi dibandingkan dengan cooperative problem solving (3) tidak ada perbedaan hasil belajar (final score) dari penerapan cooperative problem solving dan cooperative problem posing (4) persepsi mahasiswa terhadap cooperative problem posing lebih rendah dibandingkan terhadap cooperative problem solving.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60014

Actions (login required)

View Item View Item