Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Turen pada materi kesetimbangan kimia / Nur Candra Eka Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Turen pada materi kesetimbangan kimia / Nur Candra Eka Setiawan

Setiawan, Nur Candra Eka (2011) Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Turen pada materi kesetimbangan kimia / Nur Candra Eka Setiawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Wayan Dasna M.Si M.Ed dan (2) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc Ph.D Kata kunci model pembelajaran kemampuan awal hasil belajar kimia kemampuan berpikir tingkat tinggi Guru-guru di SMAN 1 Turen telah mencoba menerapkan model-model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran namun masih mengalami kendala dalam implementasinya. Peningkatan kualitas pembelajaran yang menekankan pembelajaran proses dapat dilakukan dengan memberi pengalaman kerja ilmiah kepada siswa. Pengalaman kerja ilmiah siswa yang diterapkan melalui model pembelajaran siklus belajar tipe hypothetical-deductive (HDLC) kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) dan metode pembelajaran langsung (MPL) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dampak penggunaan model pembelajaran HDLC STAD dan MPL berdasarkan kemampuan awal siswa pada materi pokok kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Turen. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain faktorial 3 2. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Turen sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling terdiri atas 3 kelas yaitu kelas XI IPA 2 (36 siswa) sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran HDLC kelas XI IPA 3 (36 siswa) sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dan kelas IX IPA 4 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan MPL. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa 30 soal valid dengan validitas isi dari instrumen tersebut sebesar 95 3% dan reliabilitas 0 917. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan program Statistical Package for Social Sciences versi 16.0 for windows pada taraf signifikan 945 0 05 dengan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran HDLC STAD dan MPL pada materi pokok Ketimbangan Kimia kelas XI SMAN 1 Turen (2) Terdapat perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah pada materi pokok Kesetimbangan Kimia kelas XI SMAN 1 Turen dan (3) Terdapat perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran HDLC STAD dan MPL dengan memperhatikan kemampuan awal siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60013

Actions (login required)

View Item View Item