Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe stad yang dipadu dengan peta konsep terhadap kualitas proses dan hasil belajar konsep mol pada SMK "Putra Indonesia" malang prodi keahlian kimia industri / Wahyu Wuryandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe stad yang dipadu dengan peta konsep terhadap kualitas proses dan hasil belajar konsep mol pada SMK "Putra Indonesia" malang prodi keahlian kimia industri / Wahyu Wuryandari

Wuryandari, Wahyu (2011) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe stad yang dipadu dengan peta konsep terhadap kualitas proses dan hasil belajar konsep mol pada SMK "Putra Indonesia" malang prodi keahlian kimia industri / Wahyu Wuryandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D. (II) Dr. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Kata Kunci STAD peta konsep proses belajar hasil belajar Kimia merupakan mata pelajaran adaptif di SMK Putra Indonesia Malang Prodi Kimia Industri. Selama ini pembelajaran kimia di sekolah ini masih cenderung terpusat pada guru sehingga siswa kurang mendapat kesempatan untuk teribat dalam proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran kooperatif STAD yang dipadu dengan peta konsep diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Salah satu topik dalam kimia yang diberikan pada siswa adalah konsep mol. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keterterapan pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran kooperatif STAD yang dipadu dengan peta konsep dalam pengajaran kimia (2) Mengetahui perbedaan kualitas proses belajar dalam pengajaran konsep mol dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran kooperatif STAD yang dipadu dengan peta konsep (3) mengetahui perbedaan hasil belajar dalam pengajaran konsep mol dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran kooperatif STAD yag dipadu dengan peta konsep dan (4) mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif STAD yang dipadu dengan peta konsep. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dan rancangan deskriptif. Rancangan eksperimen semu digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok yang terlibat dalam pembelajaran kooperatif STAD yang dipadu dengan peta konsep dan kelompok yang terlibat dalam pembelajaran kooperatif STAD. Rancangan deskriptif digunakan untuk menggambarkan kualitas proses pembelajaran antara dua kelompok. Kedua kelompok terdiri dari 72 siswa kelas X di SMK Putra Indonesia Malang Program Studi Kimia Industri tahun pelajaran 2009/1010. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen perlakuan lembar observasi tes prestasi belajar siswa dan angket. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran. Tes prestasi belajar siswa digunakan untuk mengukur hasil belajar sementara angket digunakan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penerapan pembelajaran kooperatif STAD yang dipadu dengan peta konsep dalam pengajaran konsep mol. Validitas isi instrument perlakuan sebesar 0 97 sementara validitas isi tes prestasi belajar sebesar 0 96 dan koefisien reliabilitas yang dihitung dengan Pearson correlation sebesar 0 72. Pengumpulan data hasil belajar dari kedua kelompok dianalisis dengan menggunakan two tails t-test sedangkan data proses belajar dan persepsi siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterterapan pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran kooperatif STAD yang dipadu dengan peta konsep dalam pengajaran konsep mol cukup baik (2) kualitas proses pembelajaran dalam pengajaran konsep mol dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD yang dipadu dengan peta konsep lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif STAD (3) pembelajaran kooperatif STAD yang dipadu dengan peta konsep memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif STAD dan (4) siswa memberikan persepsi yang positif terhadap penggunaan pembelajaran kooperatif STAD yang dipadu dengan peta konsep.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60007

Actions (login required)

View Item View Item