Susanti, Venni Ika (2011) Analisis kesalahan konsep pokok bahasan kesetimbangan kimia pada mahasiswa Universitas Negeri Malang dan perbaikannya dengan strategi konflik kognitif / Venni Ika Susanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Studi Pendidikan Kimia. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Effendy M.Pd Ph.D (II) Prof. Suhadi Ibnu M.A Ph.D Kata kunci Kesalahan konsep kesetimbangan kimia strategi konflik kognitif persistensi kesalahan konsep Salah satu pokok bahasan dalam ilmu kimia adalah kesetimbangan kimia. Pokok bahasan ini diberikan pada mahasiswa program studi ilmu kimia S1 Universitas Negeri Malang yang menempuh mata kuliah kimia dasar. Pada pokok bahasan kesetimbangan kimia banyak terdapat konsep-konsep abstrak yang cenderung tidak mudah dipahami. Hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan pemahaman. Kesalahan pemahaman yang terjadi secara konsisten disebut dengan kesalahan konsep. Salah satu upaya untuk mengurangi kesalahan konsep adalah dengan menggunakan strategi konflik kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi kesalahan-kesalahan konsep yang terjadi pada mahasiswa (2) mengetahui keefektifan strategi konflik kognitif dalam mengurangi kesalahan konsep (3) mengidentifikasi persistensi kesalahan konsep pada mahasiswa untuk pokok bahasan kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan rancangan pra-eksperimental one group pretest-postest design. Rancangan deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan konsep dan persistensi kesalahan konsep. Rancangan one group pretest-postest digunakan untuk mengetahui keefektifan strategi konflik kognitif untuk mengurangi kesalahan konsep pada mahasiswa. Subyek penelitian ini adalah 27 mahasiswa program studi ilmu kimia S1 Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2007/2008. Mereka merupakan mahasiswa yang dikirim oleh pemerintah daerah Nusa Tenggara Timur. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban dan tes wawancara. Tes pilihan ganda memiliki validitas isi sebesar 96 2% dan koefisien reliabilitas tes dihitung dengan menggunakan korelasi product moment sebesar 0 91. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan paired sample t-test dan analisis deskriptif. Kesalahan konsep mahasiswa ditetapkan berdasarkan jawaban salah pada saat tes tulis dan wawancara. Persistensi kesalahan konsep mahasiswa dianalisis berdasarkan mahasiswa yang mengalami kesalahan konsep secara konsisten pada saat pretes postes dan tes persistensi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) kesalahan-kesalahan konsep yang terjadi pada mahasiswa untuk pokok bahasan kesetimbangan kimia adalah (a) dengan bertambahnya waktu reaksi konsentrasi reaktan semakin bertambah sampai pada saat setimbang konsentrasinya tetap (b) pada saat setimbang laju reaksi ke kanan dan ke kiri tetap tetapi berbeda kecepatannya dan (c) keadaan setimbang tercapai pada saat grafik berpotongan (d) kesetimbangan tercapai pada waktu konsentrasi reaktan dan produk sama (e) kesetimbangan kimia merupakan kesetimbangan statis bukan kesetimbangan dinamis (f) jumlah zat pada saat setimbang tidak dapat diidentifikasi secara stoikiometri jika menggunakan pereaksi berlebih (g) ungkapan tetapan kesetimbangan heterogen melibatkan konsentrasi zat berfase padat (h) penambahan zat dengan konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan dengan konsentrasi zat pada keadaan setimbang akan menggeser kesetimbangan yang arahnya dari zat tersebut (i) penambahan zat yang tidak bereaksi dalam kesetimbangan akan menggeser kesetimbangan ke reaktan (j) penambahan zat yang bereaksi dalam kesetimbangan akan menggeser kesetimbangan ke arah produk (k) pada kesetimbangan dengan jumlah mol reaktan dan produk berbeda jika tekanan diperbesar atau volume diturunkan maka kesetimbangan bergeser ke pihak dengan jumlah mol yang lebih besar (l) pada kesetimbangan dengan pelarut air penambahan dan penguapan air tidak akan menggeser kesetimbangan karena tidak ada penambahan reaktan atau produk (m) jika tekanan diperbesar atau volume diturunkan maka kesetimbangan bergeser ke arah produk (n) jika suhu dinaikkan maka kesetimbangan bergeser ke pihak yang melepas panas (o) kenaikan suhu akan menaikkan harga tetapan kesetimbangan (p) katalis menaikkan energi aktivasi (Ea) reaksi. (2) Strategi konflik kognitif secara signifikan efektif dalam mengurangi kesalahan konsep mahasiswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. (3) Persistensi kesalahan konsep yang terjadi pada mahasiswa termasuk dalam kategori sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60001 |
Actions (login required)
View Item |