Khodaryah, Nuraini (2010) Analisis kesalahan konsep tentang larutan buffer pada siswa kelas XI SMAN 2 dan SMA YPK Bontang serta upaya untuk memperbaikinya dengan menggunakan strategi konflik kognitif / Nuraini Khodaryah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kesalahan konsep larutan buffer strategi konflik kognitif persistensi Kesulitan siswa dalam memahami materi yang mendasari materi larutan buffer seperti asam basa dan kesetimbangan kimia memungkinkan siswa mengalami kesalahan dalam memahami larutan buffer. Jika kesalahan tersebut terjadi secara konsisten maka dapat dikatakan terjadi kesalahan konsep. Salah satu upaya yang diharapkan dapat mengurangi kesalahan konsep adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi konflik kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi kesalahan-kesalahan konsep (2) mengetahui sumber kesalahan konsep (3) mengetahui keefektifan strategi konflik kognitif untuk mengurangi kesalahan konsep (4) untuk mengetahui persistensi kesalahan konsep yang terjadi pada siswa kelas XI IPA pada materi larutan buffer. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan one group pre-test post-test design. Rancangan deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi sumber kesalahan konsep jenis kesalahan konsep dan persistensi kesalahan konsep pada materi larutan buffer sedangkan rancangan one group pre-test post-test design digunakan untuk mengetahui keefektifan strategi konflik kognitif untuk mengurangi kesalahan konsep pada materi larutan buffer. Sampel penelitian ini adalah 28 siswa kelas XI IPA SMAN 2 dan 27 siswa kelas XI IPA SMA YPK Bontang. Kesalahan konsep diidentifikasi melalui tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan satu jawaban benar tiga jawaban pengecoh dan satu jawaban kosong. Dari hasil uji coba diperoleh validitas isi tes sebesar 96 7% dan reliabilitas tes diukur dengan menggunakan korelasi product moment sebesar 0 90 dan. Hasil-hasil penelitian adalah (1) Kesalahan-kesalahan yang yang terjadi pada siswa dalam materi buffer adalah (a) Buffer asam adalah campuran dari asam dan basa (b) Buffer basa adalah campuran dari asam dan basa (c) Larutan buffer asam dapat dibuat dengan mereaksikan asam lemah dan basa kuat dengan jumlah mol yang sama (d) Larutan buffer basa dapat dibuat dengan mereaksikan basa lemah dan asam kuat dengan jumlah mol yang sama (e) Jika sedikit asam ditambahkan pada larutan buffer asam maka konsentrasi H3O atau H meningkat dan konsentrasi asam lemah dan basa konjugatnya tetap (f) Jika sedikit asam ditambahkan pada larutan buffer basa maka konsentrasi H3O atau H meningkat sedangkan konsentrasi basa lemah dan asam konjugatnya tetap (g) Jika sedikit basa ditambahkan pada larutan buffer asam maka konsentrasi OH- meningkat dan konsentrasi asam lemah dan basa konjugatnya tetap (h) Jika sedikit basa ditambahkan pada larutan buffer basa maka konsentrasi OH- meningkat dan konsentrasi basa lemah dan asam konjugatnya tetap (i) Asidosis adalah suatu kondisi dimana pH menurun maka konsentrasi H3O atau H juga turun (2) Kemungkinan sumber-sumber kesalahan konsep pada siswa adalah kurang lengkapnya penjelasan tentang topik larutan buffer pada buku pelajaran kimia siswa dan tidak akuratnya pemahaman guru tentang materi tersebut (3)Pembelajaran menggunakan strategi konflik kognitif secara siginifikan efektif untuk mengurangi kesalahan konsep yang terjadi pada siswa (4) Setelah tiga minggu persistensi kesalahan konsep terjadi pada 14 6% siswa dan termasuk dalam kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60000 |
Actions (login required)
View Item |