Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media komputer dan paket belajar dalam mata pelajaran TIK siswa SMP Negeri 01 Pasuruan / Diah Wika Adi Kinanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media komputer dan paket belajar dalam mata pelajaran TIK siswa SMP Negeri 01 Pasuruan / Diah Wika Adi Kinanti

Kinanti, Diah Wika Adi (2010) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media komputer dan paket belajar dalam mata pelajaran TIK siswa SMP Negeri 01 Pasuruan / Diah Wika Adi Kinanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kinanti Diah Wika Adi. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Media Komputer dan Buku Paket Belajar dalam Mata Pelajaran TIK Siswa SMP Negeri 01 Pasuruan. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Zainul Abidin M.Pd (2) Drs. Joseph Mbulu M.Pd. Kata Kunci Perbedaan hasil belajar penggunaan media komputer Teknologi Informasi dan Komunikasi buku paket Perkembangan bidang teknologi yang semakin maju menuntut pendidik untuk mengajarkan teknologi yang sedang berkembang kepada siswanya. Hal ini dibuktikan dengan adanya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.(TIK). Dengan masuknya pelajaran TIK dalam kurikulum baru maka peranan komputer sebagai salah satu komponen dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Pada pembelajaran TIK sangat diperlukan adanya praktek secara langsung (praktikum dengan menggunakan komputer) untuk memberi pengalaman secara nyata kepada siswa tentang materi yang dipelajari bukan hanya mempelajari dan mengerjakan tugas yang ada di buku paket saja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media komputer dan paket belajar pada pelajaran TIK di kelas VII SMP Negeri 01 Pasuruan. Penelitian ini digolongkan ke dalam eksperimen semu (quasi experiment). Eksperimen semu digunakan karena peneliti tidak dapat melakukan kontrol terhadap seluruh variabel terkait dengan pemilihan subjek yang tidak dilakukan secara individual tetapi secara kelompok yang diduga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian post-test only control design. Pada penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan yaitu pembelajaran dengan praktek langsung menggunakan komputer sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran dengan menggunakan paket belajar. Berdasarkan perhitungan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t didapati mean kelas eksperimen sebesar 79 1875 dan kuadrat deviasi sebesar 3802 876813 sedangkan mean kelas kontrol sebesar 65 15625 dan kuadrat deviasi sebesar 4190 218774 sehingga didapat hasil t hitung t tabel yaitu 4 943 1 661 pada taraf signifikasi 0 05. Hal ini berarti H0 diterima yang menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media komputer berbeda dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan buku paket pada pelajaran TIK di kelas VII SMP Negeri 01 Pasuruan. Selain itu adanya selisih nilai tes hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 14 03125. Jadi selisih hasil belajar siswa yang menggunakan media komputer dan buku paket sebesar 14 03125. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media komputer berbeda dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan paket belajar pada pelajaran TIK di kelas VII SMP Negeri 01 Pasuruan. Pembelajaran dengan praktek langsung menggunakan komputer secara signifikan berbeda perolehan hasil belajarnya dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan buku paket. Oleh sebab itu pembelajaran dengan praktek langsung menggunakan komputer penting untuk diterapkan dalam pembelajaran TIK sebagai upaya untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan guru untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan komputer sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa guna memperbaiki mutu pembelajaran TIK SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item