Penerapan metode Cooperative Learning model Jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas V SDN Cangkringmalang II kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / oleh Dhinar Galuh Widhiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode Cooperative Learning model Jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas V SDN Cangkringmalang II kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / oleh Dhinar Galuh Widhiarti

Dhinar Galuh Widhiarti (2009) Penerapan metode Cooperative Learning model Jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas V SDN Cangkringmalang II kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / oleh Dhinar Galuh Widhiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru sebagai ujung tombak dalam pembelajaran dituntut untuk bisa memilih metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran karena penggunaan metode pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Penerapan metode cooperative learning model jigsaw adalah suatu model pembelajaran diskusi kelompok yang didasarkan atas terbentuknya kelompok ahli dan menekankan adanya kerjasama diantara anggota kelompok yang beranggotakan 3-5 orang untuk memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode cooperative learning model jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas 5 SDN Cangkringmalang II Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen sungguhan (True Experimental Design) yaitu suatu eksperimen terhadap objek yang sebenarnya yaitu siswa. Desain eksperimen dalam penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan metode cooperative learning model jigsaw sedangkan kelas kontrol pembelajarannya menggunakan metode konvensional atau ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains pokok bahasan Tumbuhan Hijau di kelas eksperimen lebih baik daripada siswa di kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan nilai rata-rata pre tes dan post tes pada kelas eksperimen yaitu pada pre tes sebesar 51 2857 pada post tes meningkat menjadi 76 7143. Jadi peningkatan prestasi belajar pada kelas eksperimen sebesar 25 4286. Sedangkan nilai rata-rata pre tes dan post tes pada kelas kontrol yaitu pada pre tes sebesar 50 5714 pada post tes meningkat menjadi 65 5214. Jadi peningkatan prestasi belajar pada kelas kontrol sebesar 14 95. Hipotesis ( ) dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode cooperative learning model jigsaw terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas 5 SDN Cangkringmalang II Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan . Untuk membuktikan hipotesis ini diterima ( ) atau ditolak ( ) dilakukan perhitungan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh t 1 H 1 H 0 H hitung ttabel yaitu 4 3864 2 00 dengan tingkat signifikansi 0 05 hal ini berarti H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item View Item