Zahri, Fatimah (2010) Pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap kualitas proses, hasil belajar dan retensi hasil belajar siswa pada materi pokok asam basa kelas XI IPA SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar / Fatimah Zahri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Siklus belajar proses belajar hasil belajar persepsi retensi asam- basa Materi asam basa terdiri dari banyak konsep yang berkaitan dengan konsep sebelumnya seperti disosiasi dan kesetimbangan. Topik ini juga banyak melibatkan perhitungan matematika. Kombinasi keduanya cenderung menyebabkan siswa mengalami kesulitan untuk mempelajarinya. Model pembelajaran daur belajar enam fase (LC-6) yang berorientasi pada konstruktivistik diharapkan dapat memudahkan siswa dalam mempelajari topik ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran LC-6 dengan siswa yang diajar dengan model konvensional (2) perbedaan retensi hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajar LC-6 dengan siswa yang diajar dengan model konvensional (3) kualias proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran LC-6 dan model konvensional dan (4) persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran LC-6 dan model konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan eksperimen semu. Rancangan deskriptif digunakan untuk menggambarkan kualitas proses belajar mengajar dan persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran LC-6 dan model pembelajaran konvensional. Rancangan eksperimen semu digunakan untuk mempelajari hasil belajar siswa dan retensi setelah pembelajaran dengan menggunakan model LC-6 dan model konvensional. Subjek penelitian ini adalah siswa dari dua kelas XI IPA SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 27 siswa setiap kelasnya. Salah satu dari kelas tersebut proses pembelajarannya menggunakan model LC-6 dan yang lainnya diajarkan dengan model konvensional. Uji t digunakan untuk membandingkan hasil belajar siswa dan retensi yang diperoleh dari pembelajaran dengan model LC-6 dan model konvensional. Siswa yang diajar dengan model pembelajaran LC-6 dan model konvensional menggunakan buku teks kimia yang sama. Data penelitian adalah hasil belajar dan retensi hasil belajar kualitas proses pembelajaran dan persepsi siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran LC-6 dan model konvensional. Data hasil belajar dan retensi dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif yang terdiri dari 20 item. Hasil uji coba instrumen tes hasil belajar memberikan validitas isi sebesar 99 0% dan koefisien reliabilitas diukur dengan rumus Kuder-Richardson-20 sebesar 0 64. Data proses belajar dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dengan validitas isi sebesar 98 0%. Data persepsi siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan validitas isi sebesar 99 7% untuk model pembelajaran LC-6 dan 99 0% untuk model pembelajaran konvensional. Temuan penelitian adalah (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran LC-6 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional (2) tes retensi pertama dan kedua menunjukkan bahwa retensi siswa model pembelajaran LC-6 lebih baik daripada retensi siswa model pembelajaran konvensional (3) kualitas proses belajar mengajar model pembelajaran LC-6 adalah lebih baik daripada model pembelajaran konvensional (4) siswa yang diajar dengan menggunakan model LC-6 merespon positif terhadap penerapan model pembelajaran sedangkan siswa yang diajar dengan model konvensional merespon netral terhadap model pembelajaran yang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59998 |
Actions (login required)
View Item |