Widayanti, Feri Dwi (2010) Pengaruh pengelompokan siswa berdasarkan gaya belajar dan multiple intelligences pada model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 3 Lumajang / Feri Dwi Widayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Pascasarjana Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Wayan Dasna M.Si M.Ed. (II) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc Ph.D. Kata kunci Gaya belajar Multiple Intelligences Model Pembelajaran Learning Cycle Hasil Belajar Kimia. Dalam pembelajaran selama ini guru lebih memperhatikan faktor eksternal padahal faktor internal sangat berpengaruh tehadap keberhasilan belajar siswa. Faktor internal yang perlu diperhatikan adalah gaya belajar dan multiple intelligences. Identifikasi gaya belajar dapat digunakan untuk pengelompokan siswa dalam belajar sehingga siswa dapat belajar dengan cara yang tepat. Identifikasi multiple intelligences (MI) dapat membantu guru mengetahui jenis kecerdasan yang dimiliki siswa. Siswa dengan tingkat MI yang tinggi dapat diharapkan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking ability) dalam belajar kimia. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah learning cycle (LC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kemampuan higher order thinking antara siswa yang dikelompokkan berdasarkan gaya belajar dan tingkat multiple intelligences pada model pembelajaran LC dengan siswa yang dikelompokkan berdasarkan heterogenitas dan tingkat multiple intelligences pada model pembelajaran LC pada siswa kelas XI IPA SMAN 3 Lumajang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu dengan design faktorial 2 x 3. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Lumajang dengan sampel penelitian yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas ekperimen dengan perlakukan pengelompokan berdasarkan gaya belajar dan tingkat multiple intelligences pada model pembelajaran LC dan kelas kontrol dengan perlakuan pengelompokan berdasarkan heterogenitas dan tingkat multiple intelligences pada model pembelajaran LC. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa 29 soal valid dengan reliabilitas 0 899. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 for windows pada taraf signifikan 945 0 05 dengan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelompokan siswa berdasarkan gaya belajar dan tingkat multiple intelligences pada model pembelajaran LC berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan kemampuan higher order thinking siswa. Siswa kelas ekperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu untuk nilai hasil belajar 84 09 dan 76 31 sedangkan nilai kemampuan higher order thinking 80 61 dan 69 15.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59996 |
Actions (login required)
View Item |