Pengaruh model pembelajaran dan modalitas belajar serta kemampuan berpikir formal terhadap hasil belajar dan higher order thinking ability siswa kelas XI IPA MAN Sumenep / Lina Arifah Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran dan modalitas belajar serta kemampuan berpikir formal terhadap hasil belajar dan higher order thinking ability siswa kelas XI IPA MAN Sumenep / Lina Arifah Fitriyah

Fitriyah, Lina Arifah (2010) Pengaruh model pembelajaran dan modalitas belajar serta kemampuan berpikir formal terhadap hasil belajar dan higher order thinking ability siswa kelas XI IPA MAN Sumenep / Lina Arifah Fitriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modalitas belajar kemampuan berpikir formal inkuiri terbimbing hasil belajar kimia kemampuan berpikir tingkat tinggi Pembelajaran kimia mencakup pembelajaran proses dan produk dimana pembelajaran proses sangat dianjurkan dalam pelaksanaan KTSP. Peningkatan kualitas pembelajaran yang menekankan pembelajaran proses dapat dilakukan dengan memberi pengalaman kerja ilmiah kepada siswa. Pengalaman kerja ilmiah siswa yang diterapkan melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (kemampuan HOT). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa dengan mengakomodasi aspek-aspek kemampuan berpikir formal modalitas belajar dan higher order thinking ability pada siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 3 2. Penelitian dilaksanakan di MAN Sumenep sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling terdiri atas 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 (41 siswa) sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 3 (43 siswa) sebagai kontrol yang dibelajarkan dengan model konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes Burney angket modalitas belajar dan tes hasil belajar. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa 29 soal valid dengan validitas isi dari instrumen tersebut sebesar 93 6% dan reliabilitas 0 899. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan program Statistical Package for Social Sciences versi 16.0 for windows pada taraf signifikan 945 0 05 dengan uji anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dan kemampuan HOT siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan konvensional dengan memperhatikan modalitas belajar (2) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dan kemampuan HOT siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan konvensional dengan memperhatikan kemampuan berpikir formal. Selain itu hasil uji hipotesis gabungan/interaksi hasil belajar dan kemampuan HOT antara model pembelajaran modalitas belajar dan kemampuan berpikir formal menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan konvensional dengan memperhatikan modalitas belajar dan kemampuan berpikir formal (2) ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan HOT siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan konvensional dengan memperhatikan modalitas belajar dan kemampuan berpikir formal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59995

Actions (login required)

View Item View Item