Pengembangan media permainan ular tangga dalam menunjang metode pembelajaran kooperatif tipe teams games-tournaments (TGT) pada materi zat adiktif dan psikotropika di MTsN / Eka Restu Monawanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan ular tangga dalam menunjang metode pembelajaran kooperatif tipe teams games-tournaments (TGT) pada materi zat adiktif dan psikotropika di MTsN / Eka Restu Monawanti

Monawanti, Eka Restu (2010) Pengembangan media permainan ular tangga dalam menunjang metode pembelajaran kooperatif tipe teams games-tournaments (TGT) pada materi zat adiktif dan psikotropika di MTsN / Eka Restu Monawanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan media permainan ular tangga pembelajaran kooperatif Teams Games-Tournaments (TGT) zat adiktif dan psikotropika. Pembelajaran IPA-kimia di SMP/MTs cenderung dilaksanakan oleh guru dengan latar belakang pendidikan Biologi atau Fisika sehingga mungkin dalam mengajarkannya guru-guru kurang memperhatikan sifat dari ilmu Kimia. Selama ini pelajaran IPA-Kimia dianggap sulit dan kurang disenangi oleh siswa sehingga minat dan motivasi belajar siswa terhadap Kimia cenderung rendah. Salah satu materi pembelajaran IPA-Kimia adalah zat adiktif dan psikotropika. Materi ini sarat dengan konsep-konsep yang harus dipahami dan dihafalkan oleh siswa. Kemampuan menghafal atau mengingat tampaknya dapat ditingkatkan melalui media permainan ular tangga. Media permainan ular tangga dapat dibuat dari bahan-bahan sederhana murah dan mudah diperoleh. Permainan ini diduga sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournaments (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berupa permainan ular tangga untuk pembelajaran zat adiktif dan psikotropika dengan metode TGT (2) mengetahui kelayakan media permainan ular tangga untuk digunakan dalam pembelajaran materi zat adiktif dan psikotropika dengan metode TGT ditinjau dari kemenarikan kejelasan kemudahan untuk digunakan kelogisan dan kesistematikannya (3) mengetahui pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap proses belajar siswa dalam pembelajaran zat adiktif dan psikotropika dengan metode TGT (4) mengetahui kualitas proses pembelajaran materi zat adiktif dan psikotropika dengan metode TGT ditunjang dengan media permainan ular tangga dan pembelajaran dengan metode ceramah (5) mengetahui apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran materi zat adiktif dan psikotropika dengan metode TGT ditunjang dengan media permainan ular tangga lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan metode ceramah (6) mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan media permainan ular tangga pada pembelajaran materi zat adiktif dan psikotropika dengan metode TGT. Pengembangan media permainan ular tangga ini mengikuti rancangan pengembangan 4D-Model dari Thiagarajan dkk (1974). Pada penelitian ini diadopsi sampai D yang ketiga yakni hingga tahap develop (pengembangan). Validitas isi dari permainan ular tangga ditetapkan berdasarkan penilaian dan pertimbangan dari penilai yaitu 3 orang dosen Kimia yang dianggap ahli dalam pengembangan media serta 1 guru IPA-Kimia. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan koreksi dan saran yang diberikan oleh ahli media guru maupun siswa yang diperoleh dengan menggunakan angket. Data kuantitatif terdiri dari hasil evaluasi ahli media hasil uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan data proses pembelajaran data hasil belajar siswa dan data persepsi siswa terhadap penggunaan permainan ular tangga pada pembelajaran zat adiktif dan psikotropika yang diperoleh dengan menggunakan angket. Dari hasil uji coba instrumen tes prestasi belajar siswa diperoleh validitas isi sebesar 77 5% dan reliabilitas diukur dengan rumus Kuder-Richardson-20 sebesar 0 76. Data analisis angket analisis hasil observasi dan analisis tes hasil belajar siswa. Keefektifan penggunaan permainan ular tangga diperoleh dengan membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode TGT dibantu dengan permainan ular tangga dan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode. Analisis kovarian (Anacova) digunakan dalam membandingkan prestasi belajar siswa. Hasil-hasil yang diperoleh adalah (1) media permainan ular tangga yang dikembangkan terdiri dari halaman sampul pendahuluan petunjuk penggunaan media bagi guru dan siswa panduan belajar serta daftar pertanyaan dan jawaban berkaitan dengan zat adiktif dan psikotropika (2) ditinjau dari kemenarikan kejelasan kemudahan menggunakan dan kelogisannya media permainan ular tangga yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan dengan rata-rata tingkat kelayakan (diperoleh dari ahli media uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan) termasuk dalam kategori tinggi (77.9 %) (3) pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap proses belajar siswa untuk menunjang metode pembelajaran TGT pada pembelajaran materi zat adiktif dan psikotropika yang diperoleh dari uji coba perorangan uji kelompok kecil dan uji coba lapangan termasuk dalam kategori baik (83 3 %) (4) kualitas proses pembelajaran materi zat adiktif dan psikotropika dengan metode TGT dan media permainan ular tangga termasuk dalam kategori baik (77 0 %) sedangkan pada pembelajaran dengan metode ceramah termasuk dalam kategori kurang baik (54 0 %) (5) hasil belajar siswa pada pembelajaran materi zat adiktif dan psikotropika dengan metode TGT dan media permainan ular tangga lebih tinggi (skor rata-rata 70 3) dibandingkan hasil belajar dengan metode ceramah (skor rata-rata 62 0) (6) siswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan media permainan ular tangga pada pembelajaran materi zat adiktif dan psikotropika dengan metode TGT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59994

Actions (login required)

View Item View Item