Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi termokimia melalui panduan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan problem solving di kelas XI IPA SMA Negeri3 Gunungsitoli / Niarajab Lahagu - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi termokimia melalui panduan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan problem solving di kelas XI IPA SMA Negeri3 Gunungsitoli / Niarajab Lahagu

Lahagu, Niarajab (2010) Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi termokimia melalui panduan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan problem solving di kelas XI IPA SMA Negeri3 Gunungsitoli / Niarajab Lahagu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lahagu Niarajab. 2010. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia Melalui Paduan Model Pembelajaran Kooperatif Ti-pe STAD dan Problem Solving di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Gunung-sitoli. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Kimia. Program Pasca-sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D. (II) Dr. Subandi M.Si Kata kunci motivasi belajar hasil belajar pembelajaran kooperatif problem solving. Penelitian ini terinspirasi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 3 Gunungsitoli. Hal ini diduga disebabkan oleh pola pembela-jaran yang dilakukan masih berpusat pada guru di mana siswa kurang diberi kese-mpatan untuk mengembangkan kreativitasnya dan terlibat secara maksimal dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu upaya pengembangan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan mo-tivasi siswa dalam belajar. Hal ini sejalan dengan pergeseran paradigma pembela-jaran dari behaviorisme ke konstruktivisme. Salah satu pendekatan pembelajaran motivasional yang bersifat konstruktivis adalah pembelajaran kooperatif dan pro-blem solving. Oleh sebab itu dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil bela-jar siswa dalam penelitian ini digunakan paduan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan problem solving. Ada empat langkah dalam pelaksanaan pembela-jaran kooperatif tipe STAD yaitu 1) penyajian kelas 2) diskusi kelompok 3) kuis dan 4) penghargaan kelompok. Selain itu dalam penelitian ini juga digunakan me-tode pemecahan masalah (problem solving) yang dikembangkan oleh Polya ada- lah 1) memahami masalah 2) memikirkan rencana pemecahan 3) melaksanakan rencana dan 4) meninjau kembali hasil pemecahan. Setiap tahapan dalam prose-dur metode pemecahan masalah di atas selalu dikerjakan secara kooperatif oleh sis wa sehingga dengan demikian diperoleh hasil yang optimal. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan peneli-tian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendes-kripsikan proses dan hasil penerapan paduan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan problem solving dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi termokimia di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Gunungsitoli. Penelitian ini dilakukan selama 8 (delapan) kali pertemuan dalam 3 (tiga) siklus (tindakan). Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tinda-kan pengamatan dan refleksi. Selama penelitian peneliliti berkolabarasi dengan guru kelas yang bertindak sebagai pengamat dan pemberi masukan sedang peneliti berperan sebagai guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) angket motivasi belajar untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa 2) tes ha-sil belajar untuk mengukur prestasi belajar siswa 3) lembar observasi untuk me-ngukur aktivitas siswa dan 4) angket respon siswa untuk mengetahui hasil respon siswa terhadap paduan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan problem solving. Hasil uji coba angket motivasi belajar yang dihitung dengan menggunakan rumus koefisien alpha ( ) diperoleh reliabilitas sebesar 0 89 dan validitas angket moti-vasi belajar yang dilakukan oleh tiga orang validator diperoleh validitas sebesar 87%. Hasil uji coba instrumen tes hasil belajar diperoleh tingkat reliabilitas sebe-sar 0 92 dan validitas sebesar 78 3%. Penelitian ini dilaksanakan dikelas XI IPA-1 SMA Negeri 3 Gunungsitoli pada tahun pelajaran 2009/2010 mulai dari tanggal 21 Agustus 2009 sampai dengan 12 oktober 2009. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) penerapan paduan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan problem solving dapat meningkatkan akti vitas siswa dalam belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi aktivitas siswa pada tindakan I sebesar 72 3% (kategori baik) pada tindakan II sebesar 81 8% (kategori sangat baik) pada tindakan III sebesar 91 2% (kategori sangat baik) (2) penerapan paduan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan problem solving dapat meningkatkan motivasi belajar kimia siswa pada materi termokimia dari skor rata-rata 88 (kategori sedang) sebelum diberikan tindakan menjadi 111 (kate-gori tinggi) setelah diberikan tindakan (3) penerapan paduan model pembelaran kooperatif tipe STAD dan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar kim-ia siswa pada materi termokimia hal ini ditunjukkan oleh skor rata-rata setelah tindakan I sebesar 72 0 dengan ketuntasan 84 4% setelah tindakan II sebesar 74 7 dengan ketuntasan 90 6% dan setelah tindakan III sebesar 76 1 dengan ketuntasan 96 9% dan (4) Respon siswa terhadap penerapan paduan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan problem solving secara umum tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil respon siswa terhadap paduan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan problem solving dengan skor rata-rata sebesar 96 0 (kategori baik).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59993

Actions (login required)

View Item View Item