Hadiantoro, Sigit (2010) Membandingkan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe diskusi panel berbantuan sumber belajar dari internet untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Politeknik Negeri Malang dalam mempelajari reaksi kimia organik / Sigit Hadiantoro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kata Kunci Pembelajaran Tipe Jigsaw Diskusi Panel Internet Hasil Belajar Reaksi Kimia Organik Berbagai metode dan model pembelajaran telah dikembangkan dalam rangka meningkatkan keterlibatan mahasiswa untuk menguasai materi kuliah. Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan adalah pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Jenis pembelajaran kooperatif antara lain pembelajaran tipe jigsaw dan pembelajaran tipe diskusi panel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar pada mahasiswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe diskusi panel dalam mempelajari reaksi kimia organik. Penelitian ini juga membandingkan pengaruh sumber belajar yang digunakan yaitu sumber belajar dari internet dan dari buku teks terhadap hasil belajar mahasiswa. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen semu (quasi experiment) dengan model prates-pascates kelompok-kelompok tak setara. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Malang tahun akademik 2008/2009. Sampel penelitian mahasiswa semester II (angkatan 2008. Jumlah sampel sebanyak 102 orang mahasiswa. Penetapan kelompok percobaan tidak dilakukan secara acak tetapi dipilih dari kelas-kelas yang ada. Variabel bebas penelitian ini yaitu metode pembelajaran (terdiri dari tipe jigsaw dan tipe diskusi kelas) dan sumber belajar (dari internet dan dari buku teks) yang digunakan. Kombinasi kedua variable bebas tersebut digunakan untuk pembelajaran pada empat kelompok (kelas) percobaan. Variabel gayutnya adalah hasil belajar mahasiswa yang diukur berdasarkan hasil prates dan pascates. Analisis Variansi dua jalur menunjukkan bahwa ada perbedaan yang nyata di antara kedua metode pembelajatan yang digunakan sedangkan kedua sumber belajar tidak menunjukkan adanya perbedaan yang nyata. Dari uji-t satu ekor terlihat bahwa untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mempelajari reaksi-reaksi kimia organik pembelajaran tipe diskusi panel lebih efektif daripada tipe jigsaw.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59990 |
Actions (login required)
View Item |