Efektivitas pembelajaran problem posing dalam meningkatkan proses belajar, motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar I FKIP Universitas Tadulako / Kasmudin Mustapa - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran problem posing dalam meningkatkan proses belajar, motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar I FKIP Universitas Tadulako / Kasmudin Mustapa

Mustapa, Kasmudin (2009) Efektivitas pembelajaran problem posing dalam meningkatkan proses belajar, motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar I FKIP Universitas Tadulako / Kasmudin Mustapa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustapa Kasmudin. 2009. Efektivitas Pembelajaran Problem Posing Dalam Meningkatkan Proses Belajar Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kimia Dasar I FKIP Universitas Tadulako. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Srini M Iskandar M.Sc. Ph.D. (II) Dra. Surjani Wonorahardjo. Ph.D. Kata Kunci Pembelajaran Problem Posing Proses Belajar Hasil Belajar Motivasi Belajar. Upaya peningkatan kualitas di bidang pendidikan memiliki peranan penting untuk pencapaian kemajuan di segala bidang. Salah satu indikasi tingginya kualitas suatu pendidikan ditentukan oleh prestasi motivasi dan proses belajar mengajar yang terjadi di dalam kelas. Agar tujuan proses tersebut dapat tercapai maka diperlukan suatu paradigma baru dalam pembelajaran kimia yakni paradigma konstruktivis yang merupakan suatu pendekatan kegiatan belajar mengajar yang dapat melibatkan mahasiswa secara aktif dalam pembelajaran salah satunya dengan penerapan pembelajaran Problem Posing (merumuskan soal/masalah). Penerapan pembelajaran Problem Posing merupakan strategi pembelajaran yang diadaptasikan dengan kemampuan mahasiswa dan dalam proses pembelajarannya membangun struktur kognitif mahasiswa serta dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih berfikir kritis dan kreatif untuk merekonstruksikan pikiran-pikirannya dalam pengajuan masalah (merumuskan soal). Pendekatan problem posing itu dapat pula memacu kreativitas belajar mahasiswa dan mereka termotivasi untuk meningkatkan proses dan hasil belajar yang tinggi. Masalah dalam penelitian ini mencakup (1) Apakah pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kimia Dasar I (2) Apakah pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kualitas proses belajar mahasiswa pada mata kuliah Kimia Dasar I (3) Bagaimana motivasi mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran Problem Posing pada mata kuliah Kimia Dasar I Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment atau eksperimen semu dan dianalisis secara statistik dan deskriptif. Sampel penelitian adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Tadulako Tahun Akademik 2008/2009 Semester Satu (Ganjil). Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan rata-rata tes akhir kelompok eksperimen (61.3462) lebih tinggi dari pada rata-rata tes akhir kelompok kontrol (52.1538). Data hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung diambil dari jumlah total rata-rata pertemuan I sampai VI dengan ketetapan butir Skor maksimal 5 x 32 160 dan Skor minimal 1 x 32 32 dengan rata-rata berada pada kategori berkualitas yaitu 120 3 ini sesuai dengan range/kategori setiap skala yang ditentukan pada setiap indikator pengamatan. Sementara tingkat kemampuan Problem Posing mahasiswa adalah pada tahapan pertama sebesar 139 atau 53 5% tahapan kedua sebesar 148 atau 57 0% dan tahapan ketiga sebesar 160 atau 61 5%. Sehingga dikatakan mengalami peningkatan dari segi kemampuan mahasiswa dalam merumuskan soal/pertanyaan dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pendekatan Problem Posing. Hasil motivasi mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran Problem Posing berada pada kategori tinggi dengan kriteria positif yaitu 79 75% dengan persen rata-rata berada pada 8805 60%. Tingkat keberhasilan prestasi mahasiswa dapat pula dilihat dari semakin tinggi tingkat motivasi mahasiswa maka hasil belajarnya akan semakin tinggi pula. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan proses belajar motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kimia Dasar I. ABSTRACT Mustapa Kasmudin. 2009. The Effectivity of Problem Posing Instruction in Increasing the Learning Process Motivation and the Students Learning Achievement on the Basic Chemistry Course I Faculty of Teacher Training and Educational Sciences State University of Tadolako Thesis Graduate Program in Chemistry Education State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (II) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. Key Words Problem Posing Instruction Learning Process Learning Achievement Learning Motivation The effort to increase the quality of education has an important role to achieve progress in all fields. An indicator of a high quality of education is determined by learning process in the classroom learning motivation and learning achievement. To achieve a good process needs a new paradigm in the Chemistry instruction i.e. constructivism paradigm. It is an approach of teaching and learning activities by applying the problem posing to make the students participate actively during the lesson. The application of problem posing is a strategy adjusted to the ability of the students and during the process of instruction it can build up cognitive structure of the students and motivate the students to think more creatively in order that they can reconstruct their own opinions in formulating the problems. The problem posing approach can also accelerate the students creativities and they are motivated to increase the process and high learning achievement. The problems of this study include (1) Can the problem posing instruction increase the learning achievement of the students on the course of Basic Chemistry I (2) Can the problem posing instruction increase the quality of the students learning process on the course of Basic Chemistry I (3) How is the students motivation towards the application of problem posing instruction on the course of Basic Chemistry I The research design used is Quasi Experiment and the data are analyzed by means of statistical and descriptive techniques. The samples of the research are the students of the Study Program of Chemistry Education the State University of Tadulako Odd Semester the Academic Year of 2008/2009. Based on the research results the averages of the scores of experiement group is higher (61.3462) than the scores of the control group (52.1538). The observation data during the process of instruction are obtained by acummulating the averages of the class meetings that is class meeting I to Class meeting IV and criteria of the maximal score is by five multiplied by 32 (5 X 32 160) while the minimal score is by one multiplied by 32 (1 X 32 32). The average is at the qualified category i.e. 120.3. This agrees with the range/category of each of scale determined by each of observational indicator. Meanwhile the level of ability of the students problem posing is as follow. At the first phase it is 139 or 53.5% at the second phase it is 148 or 57.0% and at the third phase it is 160 or 61.5%. Based on these averages it can be said that the application of problem posing can increase the ability of the students in formulating the question items and they can follow the process of instruction with the application of problem posing. The motivation of the students towards the application of problem posing instruction is at the high category with positive criteria i.e. 79.75% and its percentage average is at 8805 60%. The level of the students learning achievement can be seen at the higher the motivation level of the studentsis the higher their learning achievement. Based on this finding it can be concluded that the application of problem posing instruction can contribute to increasing the learning process the students motivation and the students learning achievement on the subject of Basic Chemistry I.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59989

Actions (login required)

View Item View Item