Analisis pemahaman konseptual dan algoritmik materi stoikiometri gas melalui tes pilihan ganda dan tes esai pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Al Khairaat Totitoli serta upaya perbaikannya melalui pendekatan mikroskopis-simbolik / Dyah Metianing - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman konseptual dan algoritmik materi stoikiometri gas melalui tes pilihan ganda dan tes esai pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Al Khairaat Totitoli serta upaya perbaikannya melalui pendekatan mikroskopis-simbolik / Dyah Metianing

Metianing, Dyah (2010) Analisis pemahaman konseptual dan algoritmik materi stoikiometri gas melalui tes pilihan ganda dan tes esai pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Al Khairaat Totitoli serta upaya perbaikannya melalui pendekatan mikroskopis-simbolik / Dyah Metianing. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Metianing Dyah. 2009. Analisis Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Materi Stoikiometri Gas Melalui Tes Pilihan Ganda dan Tes Essay pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al Khairaat Tolitoli Serta Upaya Perbaikannya Menggunakan Pendekatan Mikroskopis-Simbolik. Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Effendy M.Pd. Ph.D. (II) I Wayan Dasna. M.Si. M.Ed Ph.D Kata kunci pemahaman konseptual algoritmik tes pilihan ganda tes esai Konsep kimia tersaji dalam tiga kategori representasi yaitu makroskopis mikroskopis dan simbolik. Dari ketiga tingkatan tersebut hanya tingkat makroskopis saja yang dapat diinderai. Sebagian besar materi kimia yang diajarkan di sekolah tersaji dalam tingkatan simbolik. Siswa yang pemahamannya masih bersandar pada pengalaman panca indera cenderung mengalami kesulitan dalam memahami konsep kimia yang tersaji pada tingkatan mikroskopis dan simbolik sehingga rawan terjadi kesalahan pemahaman. Pemahaman tentang konsep kimia dibedakan atas pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik. Pemahaman konseptual merupakan dasar bagi pemahaman algoritmik. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konseptual siswa cenderung tertinggal dibandingkan pemahaman algoritmiknya. Banyak siswa dapat memecahkan masalah algoritmik tanpa memahami konsep dasarnya. Perbaikan pemahaman konseptual siswa menggunakan pendekatan mikroskois-simbolik akan membuat pemahaman siswa pada konsep kimia menjadi utuh yaitu siswa mampu memahami konsep kimia secara konseptual maupun algoritmik. Tingkat pemahaman konseptual dan algoritmik siswa dapat dianalisis melalui tes dengan berbagai bentuk diantaranya adalah bentuk pilihan ganda dan esai. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat pemahaman konseptual dan algoritmik siswa pada materi stoikiometri gas (2) mengetahui bentuk kesalahan pemahaman yang dialami siswa pada materi stoikiometri gas (3) mengetahui keefektifan pendekatan mikroskopis-simbolik sebagai upaya memperbaiki pemahaman siswa pada materi stoikiometri gas dan (4) mengetahui keefektifan tes pilihan ganda dibandingkan dengan tes esai untuk menganalisis pemahaman siswa pada materi stoikiometri gas. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan rancangan eksperimental semu. Rancangan deskriptif digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konseptual dan algoritmik siswa pada materi stoikiometri gas bentuk kesalahan pemahaman yang dialami siswa pada materi stoikiometri gas dan keefektifan tes pilihan ganda dibandingkan dengan tes esai dalam mengidentifikasi pemahaman siswa pada materi stoikiometri gas. Rancangan eksperimental semu digunakan untuk mengetahui keefektifan pendekatan mikroskopis-simbolik sebagai upaya memperbaiki pemahaman siswa pada materi stoikiometri gas. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Al Khairaat Tolitoli tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 40 siswa. Pada kelas eksperimen diberikan perbaikan pemahaman materi stoikiometri gas dengan menggunakan pendekatan mikroskopis-simbolik sedangkan pada kelas kontrol diberikan perbaikan pemahaman materi stoikiometri gas dengan menggunakan pendekatan simbolik. Pemahaman siswa diukur dengan tes pilihan ganda yang terdiri dari 24 item dan tes esai yang terdiri dari 16 item. Dari uji coba instrumen tes diketahui reliabilitas tes dihitung dengan model Alpha Cronbach SPSS 12.0 for Windows adalah 0.85 untuk tes pilihan ganda dan 0.85 untuk tes essay serta validitas isi adalah 89.6% untuk tes pilihan ganda dan 96.9% untuk tes essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji statistik anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pemahaman konseptual dan algoritmik siswa pada materi stoikiometri gas tergolong sangat rendah. Pemahaman konseptual siswa cenderung tertinggal dibandingkan pemahaman algoritmiknya (2) Kesalahan pemahaman yang terjadi pada siswa pada materi stoikiometri gas adalah (a) siswa beranggapan bahwa penentuan volume jumlah partikel dan jumlah mol gas sebelum dan sesudah reaksi adalah dengan cara menghitung banyaknya jenis gas sebelum dan sesudah reaksi tidak dengan perbandingan koefisien reaksi (b) siswa beranggapan bahwa volume jumlah partikel dan jumlah mol gas-gas yang terlibat dalam suatu reaksi selalu sama (c) siswa beranggapan bahwa volume dan jumlah partikel gas sebelum dan sesudah reaksi selalu tetap (d) siswa beranggapan bahwa yang menjadi pereaksi pembatas adalah zat yang mempunyai jumlah molekul lebih sedikit tanpa memperhatikan koefisien reaksi (e) siswa beranggapan bahwa yang menjadi pereaksi pembatas adalah zat yang mempunyai koefisien reaksi lebih kecil tanpa memperhatikan jumlah mol awal pereaksi (3) Pendekatan mikroskopis-simbolik lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan simbolik dalam upaya memperbaiki pemahaman siswa pada materi stoikiometri gas (4) Tes essay lebih tepat digunakan untuk mengidentifikasi pemahaman siswa pada materi stoikiometri gas dibandingkan tes pilihan ganda ABSTRAC Metianing Dyah. 2009. Analisys of Conceptual and Algorithmic Understanding in Stoichiometry of Gas through Multiple Choice and Essay Tests for Tenth Grade Students of Al Khairaat Islamic Senior High School Tolitoli and The Effort to Correct them Using Microscopic-Symbolic Approach. Thesis Chemistry Education Department Faculty of Graduate Study State University of Malang. Supervisors (I) Prof. H. Effendy M.Pd. Ph.D. (II) I Wayan Dasna. M.Si. M.Ed Ph.D Key words conceptual algorithmic understanding multiple choice and essay tests The chemistry concepts are delivered in three categories of representations namely macroscopic microscopic and symbolic where only macroscopic level that can be sensed. Most of the chemistry concepts taught at school are represented in symbolic level. Students lying on their sensory experiences tend to be difficult in understanding the chemistry concepts which delivered in microscopic and symbolic level. This tends to induce misunderstanding. Understanding the chemistry concepts divided into two categories conceptual and algorithmic. Conceptual understanding is the basic of algorithmic one. Many research findings reported that conceptual understanding behind the algorithmic one. Many students are able to solve algorithmic problem without understanding its concept. Correction of students conceptual understanding using microscopic-symbolic approach will make students understand chemistry concepts completely. In this case students understand chemical concepts conceptually and algorithmically. Students understanding of chemistry concepts may be measured using many forms of test. Two of them are multiple choice and essay tests. The objectives of this research are (1) to know the level of students conceptual and algorithmic understanding in stoichiometry of gas (2) to know the misunderstanding that students have in stoichiometry of gas (3) to know the effectiveness of microscopic-symbolic approach as an effort to correct students misunderstanding in stoichiometry of gas and (4) to know the effectiveness of multiple choice test compared to essay test in measuring students understanding in stoichiometry of gas. This research applied descriptive and quasi-experimental designs. Descriptive design was applied to know the level of students conceptual and algorithmic understanding in stoichiometry of gas the misunderstanding that students have in stoichiometry of gas and the effectiveness of multiple choice test compared to essay test in identifying students understanding in stoichiometry of gas. Quasi-experimental design was applied to know the effectiveness of microscopic-symbolic approach as an effort to correct students misunderstanding in stoichiometry of gas. The subject of this research was tenth grade students of Al Khairaat Islamic Senior High School Tolitoli in the academic year of 2006/2007 which consists of two classes with 40 students for each class. Students in experimental class were subjected to correction of understanding in stoichiometry of gas using microscopic-symbolic approach while students in the control class were subjected to correction of understanding using symbolic approach. Students understanding of stoichiometry of gas was measured by multiple choice test which consists of 24 items and essay test which consists of 16 items. Trying out of the tests indicated that the reliability of test calculated with Alpha Cronbach SPSS 12.0 version for Windows is 0.85 for multiple choice test and 0.85 for essay test. The content validity is 89.6% for multiple choice test and 96.6% for essay test. The results of the research shown that (1) the level of students conceptual and algorithmic understanding in stoichiometry of gas were very low. The conceptual understanding behinds the algorithmic one (2) the misunderstanding that students had in stoichiometry gas were (a) students regarded that volume particles and moles of gases before and after reaction are determined by calculating the total kinds of gas before and after reaction not by comparing the coefficient of reaction (b) students regarded that volume particles and moles of gases on the chemical reaction always same (c) students regarded that volume particles and moles gas before and after reaction always constant (d) students regarded that the substance which was become the limited reactant was the substance which had lower molecules without focusing on coefficient of reaction (e) students regarded that the substance which was become the limited reactant was the substance which had smaller coefficient reaction without focusing on the first moles total of the reaction (3) microscopic-symbolic approach more effective compared to symbolic approach in correcting of students understanding about stoichiometry of gas (4) essay test is more appropriate for identifying students understanding about stoichiometry of gas than the multiple choice test.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59988

Actions (login required)

View Item View Item