Keefektifan penggunaan metoda pembelajaran inkuiri terbuka dan inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Laboratorium Malang / Oktavia Sulistina - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penggunaan metoda pembelajaran inkuiri terbuka dan inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Laboratorium Malang / Oktavia Sulistina

Sulistina, Oktavia (2010) Keefektifan penggunaan metoda pembelajaran inkuiri terbuka dan inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Laboratorium Malang / Oktavia Sulistina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistina Oktavia. 2009. Keefektifan Penggunaan Metoda Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Laboratorium Malang Kelas X. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia. Program Pascasarjana Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. (2) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. Kata kunci metoda inkuiri hasil belajar proses pembelajaran Penelitian ini mengkaji keefektifan metoda pembelajaran inkuiri terbuka inkuiri terbimbing dan konvensional dalam usaha peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar kimia siswa SMA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan kualitas proses pembelajaran antar kelompok siswa dan (2) menganalisis perbedaan keefektifan metoda pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar kimia antar kelompok siswa Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan deskriptif. Rancangan eksperimen semu menggunakan desain pre-tes dan pos-tes dengan kelompok-kelompok yang diacak bertujuan untuk melihat perbedaan keefektifan masing-masing metoda pembelajaran yang digunakan. Rancangan penelitian deskriptif digunakan untuk menggambarkan proses pembelajaran yang berlangsung. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Laboratorium Malang. Kelompok eksperimen mendapat pembelajaran dengan metoda inkuiri terbuka inkuiri terbimbing dan kelompok kontrol dengan metoda konvensional (ceramah-praktikum). Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Sesuai tujuan penelitian teknik analisa data yang digunakan adalah teknik anava satu jalur dan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas proses pembelajaran menggunakan metoda inkuiri terbuka dan metoda inkuiri terbimbing telah memungkinkan terjadinya peningkatan konstruksi pengetahuan dan keterampilan proses serta sikap sains siswa berlangsung dengan kategori baik dan Kualitas proses pembelajaran menggunakan metoda konvensional dimana siswa memperoleh pengetahuan melalui metoda ceramah-praktikum berlangsung dengan kategori baik (2) Terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara kelompok yang dibelajarkan dengan metoda pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok konvensional kelompok inkuiri terbuka dengan kelompok konvensional dan kelompok inkuiri terbimbing dengan kelompok inkuiri terbuka. Keefektifan metoda pembelajaran tersebut dapat dilihat dari rerata hasil penilaian kognitif psikomotor dan afektif siswa. Metoda pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rerata hasil penilaian kognitif psikomotor dan afektif siswa yang tinggi yaitu berturut-turut 72 16 79 69 dan 80 58. Metoda inkuiri terbuka efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Rerata hasil penilaian kognitif psikomotor dan afektif siswa yang tinggi yaitu berturut-turut 63 39 80 25 dan 81 43. Berbeda dengan metoda konvensional yang kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di mana rerata pencapaian hasil penilaian kognitif psikomotor dan afektif siswa berturut-turut 54 14 70 42 dan 78 65. ABSTRACT Sulistina Oktavia. 2009. Effectiveness the Uses of Free Inquiry and Guided Inquiry Learning Methods to Improve the Quality of Chemistry Student s Learning Process and Results of Year 10th Classes Laboratorium Malang Senior High School. Thesis. Chemistry Education Study Program in Graduate Program of State University of Malang. Counsellor (1) Dr. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. (2) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. Key words inquiry method learning results learning process. This study explored the effectiveness of free inquiry guided inquiry and conventional learning methods in promoting quality learning process and results learning of chemistry senior high school students. The aim of this research was to (1) describe the quality of learning process between the students group and (2) analyze the difference of effectiveness learning methods in promoting results learning of chemistry between the students group. The designs of the research are quasy-experiment and descriptive. The quasy-experiment method which used pretest and posttest with random groups to explore the effectiveness differences of the learning methods were used. The descriptive method was to describe the process of learning. The research population and samples were students of year 10th classes Laboratorium Malang Senior High School. The experimental groups conducted their study with methods of free inquiry and guided inquiry and respectively the control group conducted their study with a conventional method. The instrumental research were an treatment instrument and measurement instruments. Data analysis techniques which were used one way anova and descriptive technical. The Results (1) The quality of learning process of free inquiry and guided inquiry groups had increased knowledge construction skill process and attitude science had good category The quality of learning process of conventional groups where the student got knowledge from conventional method had good category (2) There were significant differences of the learning results between groups of free inquiry to conventional between groups of guided inquiry to conventional and between groups of free inquiry to guided inquiry. The effectiveness of learning methods in promoting learning results can be seen from the mean scores of cognitive psychomotor and affective assessment results. The cognitive psychomotor and affective learning results of free inquiry and guided inquiry groups were high. The mean scores of psychomotor and affective learning results of free inquiry groups were 63 39 80 25 and 81 43 and guided inquiry were 72 16 79 69 and 80 58. The mean scores of cognitive psychomotor and affective learning results of conventional groups were 54 14 70 42 and 78 65. It was means that conventional method not effective to improve results learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59987

Actions (login required)

View Item View Item