Dampak penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe learning together yang dimodifikasi dengan berganti peran dan peran tetap terhadap hasil belajar kimia anorganik 1 / Jeckson Siahaan - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe learning together yang dimodifikasi dengan berganti peran dan peran tetap terhadap hasil belajar kimia anorganik 1 / Jeckson Siahaan

Siahaan, Jeckson (2009) Dampak penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe learning together yang dimodifikasi dengan berganti peran dan peran tetap terhadap hasil belajar kimia anorganik 1 / Jeckson Siahaan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siahaan Jeckson. 2009. Dampak Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT) Yang Dimodifikasi Dengan Berganti Peran dan Peran Tetap Terhadap Hasil Belajar Kimia Anorganik 1. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Effendy Ph. D. (2) Drs. I Wayan Dasna M. Si. M. Ed. Ph. D. Kata kunci Pembelajaran kooperatif belajar bersama berganti peran peran tetap hasil belajar persepsi Penelitian tentang dampak penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe learning together (LT) yang dimodifikasi dengan berganti peran dan peran tetap terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kimia Anorganik 1 telah dilakukan. Pendekatan pembelajaran ini merupakan suatu alternatif pendekatan pengajaran yang digunakan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa membangun pengetahuannya dan untuk memperoleh hasil belajar mahasiswa yang lebih baik dibanding pembelajaran verifikasi. Pendekatan pembelajaran verifikasi merupakan pendekatan pembelajaran yang biasa dilakukan dalam pengajaran mata kuliah Kimia Anorganik 1. Dalam pendekatan pembelajaran seperti ini mahasiswa cenderung menjadi kurang aktif membangun pengetahuannya sebab semua materi pengajaran dijelaskan oleh dosen. Dalam pendekatan pembelajaran ini aktifitas pengajaran biasanya diikuti dengan kerja laboratorium (praktikum) untuk memverifikasi konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang telah dijelaskan oleh dosen. Rendahnya partisipasi mahasiswa dalam membangun pengetahuannya dalam pendekatan pembelajaran verifikasi cenderung membatasi kemampuan mahasiswa memecahkan masalah yang ditemukan pada mata kuliah Kimia Anorganik 1. Akibatnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kimia Anorganik 1 cenderung menjadi cukup rendah. Selain hasil belajar yang lebih baik penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe learning together juga dapat memberikan persepsi positif mahasiswa tentang proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi (1) perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran verifikasi dan yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe LT yang dimodifikasi dengan berganti peran (2) perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran verifikasi dan yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe LT yang dimodifikasi dengan peran tetap (3) perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe LT yang dimodifikasi dengan berganti peran dan yang dimodifikasi dengan peran tetap (4) persepsi mahasiswa tentang penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menerapkan rancangan eksperimen semu. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Kimia FMIPA dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Mataram tahun akademi 2007/2008. Subjek penelitian dibagi dalam tiga kelompok satu kelompok kontrol dan dua kelompok eksperimen. Kelompok kontrol terdiri dari 34 mahasiswa dan kelompok eksperimen masing-masing terdiri dari 25 mahasiswa. Kelompok kontrol mendapat perlakuan dengan pendekatan pembelajaran verifikasi. Kelompok eksperimen pertama mendapat perlakuan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe LT yang dimodifikasi dengan berganti peran kelompok eksperimen kedua mendapat perlakuan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe LT yang dimodifikasi dengan peran tetap. Data penelitian terdiri dari hasil belajar mahasiswa dan persepsi mahasiswa tentang pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Hasil belajar mahasiswa diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar. Tes ini merupakan tes essay yang terdiri dari delapan soal dengan validitas isi sebesar 97 8% dan koefisien reliabilitas diukur dengan metode paralel sebesar 0 81. Persepsi mahasiswa tentang penerapan pendekatan pembelajaran diperoleh dengan menggunakan angket kuosioner. Hasil-hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran verifikasi dan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe LT yang dimodifikasi dengan berganti peran. Pendekatan pembelajaran kooperatif tipe LT yang dimodifikasi dengan berganti peran memberikan hasil belajar yang lebih baik (2) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran verifikasi dan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe LT yang dimodifikasi dengan peran tetap. Pendekatan pembelajaran kooperatif tipe LT yang dimodifikasi dengan peran tetap memberikan hasil belajar yang lebih baik (3) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe LT yang dimodifikasi dengan berganti peran dan yang dimodifikasi dengan peran tetap. Pendekatan pembelajaran kooperatif tipe LT yang dimodifikasi dengan berganti peran memberikan hasil belajar yang lebih baik (4) persepsi mahasiswa tentang penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif adalah positif. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif khususnya yang dimodifikasi dengan berganti peran dalam pembelajaran mata kuliah Kimia Anorganik 2 dan mata kuliah kimia lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59986

Actions (login required)

View Item View Item