Pengaruh pengaitan nilai keimanan dan ketaqwaan dalam pembelajaran kimia terhadap motivasi belajar, prestasi belajar, dan persepsi siswa / Wiwin Puspita Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengaitan nilai keimanan dan ketaqwaan dalam pembelajaran kimia terhadap motivasi belajar, prestasi belajar, dan persepsi siswa / Wiwin Puspita Hadi

Hadi, Wiwin Puspita (2009) Pengaruh pengaitan nilai keimanan dan ketaqwaan dalam pembelajaran kimia terhadap motivasi belajar, prestasi belajar, dan persepsi siswa / Wiwin Puspita Hadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hadi Wiwin Puspita. 2009. Pengaruh Pengaitan Nilai Keimanan dan Ketaqwaan dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi Belajar Prestasi Belajar dan Persepsi Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Effendy Ph.D. (II) Dr. Subandi M.Si. Kata kunci Keimanan Ketaqwaan Prestasi Belajar Motivasi Persepsi Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sesuai dengan tujuan yang sudah ada seharusnya sistem pembelajaran di Indonesia mampu menciptakan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa serta berilmu pengetahuan yang tinggi. Kondisi-kondisi tersebut akan tercapai apabila semua proses pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran kimia dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan keimanan dan ketaqwaan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengaitan nilai keimanan dan ketaqwaan pada pembelajaran kimia terhadap motivasi belajar prestasi belajar dan persepsi siswa terhadap pembelajaran tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA PGRI Lawang Malang dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 40 siswa. Kelas ekperimen menerima pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan nilai keimanan dan ketaqwaan sedangkan kelas kontrol menerima pembelajaran kima tanpa dikaitkan dengan nilai-nilai tersebut pada pokok bahasan Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Prestasi belajar siswa diukur dengan tes objektif yang terdiri dari 25 item. Dari uji coba instrumen tes diketahui reliabilitas tes dihitung dengan rumus KR 20 adalah 0 80 dan validitas isi adalah 78 6%. Motivasi belajar siswa diukur dengan menggunakan angket sedangkan persepsi siswa terhadap pembelajaran diidentifikasi menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa yang mendapat pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan nilai keimanan dan ketaqwaan mempunyai motivasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengalami pembelajaran kimia tanpa dikaitkan dengan nilai keimanan dan ketaqwaan (2) Siswa yang mendapat pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan nilai keimanan dan ketaqwaan mempunyai prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengalami pembelajaran kimia tanpa dikaitkan dengan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan (3) Persepsi siswa terhadap pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan nilai keimanan dan ketaqwaan adalah lebih positif dibandingkan dengan siswa yang mengalami pembelajaran kimia tanpa dikaitkan dengan nilai keimanan dan ketaqwaan. Berdasarkan pada hasil-hasil penelitian tersebut maka disarankan untuk mengaitkan pokok-pokok bahasan yang lain pada pembelajaran kimia dengan nilai keimanan dan ketaqwaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59985

Actions (login required)

View Item View Item