Persepsi guru terhadap pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SDN se-Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk / Dessy Malinda Fidianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SDN se-Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk / Dessy Malinda Fidianti

Fidianti, Dessy Malinda (2015) Persepsi guru terhadap pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SDN se-Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk / Dessy Malinda Fidianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fidianti Dessy Malinda. 2015. Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SDN se-Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Drs. H. Achmad Badawi S.Pd M.Pd Kata Kunci persepsi guru pembelajaran kurikulum 2013 SDN Persepsi guru mengenai kurikulum 2013 menjadi sangat penting sebagai pengendali dalam pembelajaran. Adanya stimulus yang samamengenaipemahamanpembelajaranKurikulum 2013 tetapikarenapengalamannyatidaksama kemampuanberfikirtidaksama adanyakemungkinanhasilpersepsiantara guru yang satudengan guru yang lainnyatidaksamadalammemberikanpersepsipembelajaranKurikulum 2013. Masih banyak perbedaan persepsi guru sekolah dasar terhadap pemahaman pembelajaran yang telah direkomendasikan oleh kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di SDN se-Kecamatan lengkong Kabupaten Nganjuk yang meliputi perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 melalui persepsi guru. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru kelas I II IV dan V di SDN se-Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk yaitu sebanyak 96 guru. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 responden. Penelitian ini menggunakan teknik sampel bertujuan atau teknik purposive sampling . Purposive Sampling dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan strata random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu atau didasarkan pada letak geografis sekolah dasar di daerah kota tengah dan pinggir serta difokuskan pada guru yang pernah menerapkan Kurikulum 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup. Uji validitas penelitian ini menggunakan uji validitas konstruk dan uji validitas isi dengan menggunakan rumus Pearson Product Momentdan realibilitas digunakan rumus Sperman Brown. Teknik analisis datanya menggunakan model persentase sedangkan pengukurannya menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap perencanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 rata-rata mencapai 44 34% responden yang berarti berada pada kategori sebagian kecil responden setuju terhadap perencanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yang meliputi indikator menentukan tema menetapkan jaringan tema KD/indikator pemetaan kompetensi dasar pengembangan silabus proses pengembangan RPP dan penyusunan RPP. Persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 rata-rata mencapai 38 83% responden yang berarti berada pada kategori sebagian kecil responden setuju terhadap pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yang meliputi kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Persepsi guru terhadap penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 rata-rata mencapai 33 34% responden yang berarti berada pada kategori sebagian kecil responden setuju terhadap penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yang meliputi jenis penilaian dan teknik penilaian di SD.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru SDN se-Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk terhadap perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 rata-rata memiliki persepsi dengan kategori sebagian kecil responden yang mencapai 38 84% responden setuju terhadap pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Saran penelitian ini meliputi (1) Pihak sekolah diharapkan mampu menyediakan fasilitas yang dapat menunjang peserta didik untuk berpatisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar (2) Guru sebaiknya menerima perubahan kurikulum dengan belajar dari pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain (3) peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini pada pendapat peserta didik mengenai perubahan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5998

Actions (login required)

View Item View Item