Sintesis dan karakterisasi sifat kristal, morfologi dan sifat optik nanokomposit Fe3O4/MWCNT/ZnO/PANI / Yuda Prima Hardianto

Hardianto, Yuda Prima (2018) Sintesis dan karakterisasi sifat kristal, morfologi dan sifat optik nanokomposit Fe3O4/MWCNT/ZnO/PANI / Yuda Prima Hardianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hardianto, Y. P. 2018. Sintesis dan Karakterisasi Sifat Kristal, Morfologi dan Sifat Optik Nanokomposit MWCNT/Fe3O4/ZnO/PANI. Tesis, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si, (II) Dr. Ahmad Taufiq, M.Si Kata kunci: Nanokomposit MWCNT/Fe3O4/ZnO/PANI, Karakterisasi XRD, Karkterisasi FTIR, Karakterisasi UV-Vis Spektroskopi. Nanokomposit MWCNT/Fe3O4/ZnO/PANI telah berhasil disintesis dengan berbagai keunggulan pada sifat optiknya. Nanokomposit MWCNT/Fe3O4/ZnO/PANI diperoleh dengan melalui 6 tahapan sintesis, dimana dalam beberapa tahapan tersebut, metode sonifikasi dipadukan dengan metode kopresipitasi untuk memperoleh fase nanokomposit yang diinginkan. Karakterisasi XRD yang telah dilakukan pada nanokomposit MWCNT/Fe3O4/ZnO/PANI, menunjukkan bahwa seluruh partikel penyusun nanokomposit tersebut sudah terbentuk, dengan dibuktikan beberapa peak pada hasil karakterisasi XRD untuk nanokomposit MWCNT/Fe3O4/ZnO/PANI sudah mengcover seluruh model kurva XRD dari keempat senyawa penyusunnya. Hasil karakterisasi FTIR pada nanokomposit MWCNT/Fe3O4/ZnO/PANI menunjukkan bahwa terdapat banyak peak yang merupakan sumbangan dari vibrasi antar molekul dan vibrasi elektron-molekul yang terjadi dalam nanokomposit tersebut. Sementara itu, berdasarkan hasil karakterisasi UV-Vis Spektroskopi pada nanokomposit tersebut, menunjukkan bahwa telah terjadi absorbsis sinar UV-Vis disebabkan loncatan tingkat energy molekul dengan mekanisme direct-gap dan indirect gap.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59975

Actions (login required)

View Item View Item