Perubahan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Berdasarkan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Think Aloud Protocol / Erwinestri Hanidar Nur Afifi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Berdasarkan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Think Aloud Protocol / Erwinestri Hanidar Nur Afifi

Afifi, Erwinestri Hanidar Nur (2018) Perubahan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Berdasarkan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Think Aloud Protocol / Erwinestri Hanidar Nur Afifi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afifi Erwinestri Hanidar Nur. 2018. Perubahan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Berdasarkan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Think Aloud Protocol. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Wartono M. Pd. (2) Dr. Markus Diantoro M. Si Kata Kunci penguasaan konsep fluida think aloud protocol discovery learning Pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013 menuntut guru untuk melakukan pembelajaran berbasis penemuan. Discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran berbasis penemuan yang menjadikan guru sebagai fasilitator siswa. Keberhasilan siswa dalam pembelajaran fisika dapat dilihat dari tingkat penguasaan materi yang dipelajari dan dari perubahan penguasaan konsep siswa dalam memecahkan masalah. Fluida statis merupakan salah satu materi fisika yang sulit dikuasai oleh siswa sehingga menimbulkan miskonsepsi. Hasil uji coba soal Hukum Archimedes terhadap 29 siswa SMA di salah satu sekolah di Probolinggo menunjukkan bahwa kurang dari 40% siswa jurusan IPA yang benar dalam menjawab kasus berkaitan dengan Hukum Archimedes. Dua puluh Sembilan siswa tersebut telah mempelajari fisika khususnya hukum Archimedes pada tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan penguasaan konsep siswa pada saat sebelum selama dan sesudah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran discovery learning menggunakan tes pilihan ganda fisika (TPGF) dan think aloud protocol (TAP) serta memperoleh informasi tambahan dalam pelaksanaan pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah mixed method design dengan desain embedded experimental design. Data penelitian diperoleh berdasarkan hasil pretest dan posttest menggunakan tes pilihan ganda fisika (TPGF) dan think aloud protocol (TAP). Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank-Sum Test dan N-gain. Sedangkan analisis data kualitatif mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Miles Huberman. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa perubahan penguasaan konsep fisika siswa meningkat sebesar 58% dengan kategori menguasai keseluruhan dan spesifik miskonsepsi berkurang hingga 13% setelah diberikan pembelajaran melalui discovery learning. Analisis data secara kuantitatif diperoleh Whitung 120

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59963

Actions (login required)

View Item View Item