Pengaruh model penilaian formatif berbantuan web dengan soal isomorfik terhadap penguasaan konsep fluida statis dan self-efficacy siswa SMA / Suparmanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model penilaian formatif berbantuan web dengan soal isomorfik terhadap penguasaan konsep fluida statis dan self-efficacy siswa SMA / Suparmanto

Suparmanto (2017) Pengaruh model penilaian formatif berbantuan web dengan soal isomorfik terhadap penguasaan konsep fluida statis dan self-efficacy siswa SMA / Suparmanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suparmanto. 2017. Pengaruh Model Penilaian Formatif Berbantuan Web dengan Soal Isomorfik terhadap Penguasaan Konsep Fluida Statis dan Self-Efficacy Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M. Si (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M. Si. Kata Kunci Penilaian formatif Soal Isomorfik Penguasaan Konsep Self-Efficacy Salah satu permasalahan yang dihada pi oleh guru yaitu penguasaan konsep. Masalah penguasaan konsep yang rendah disebabkan siswa tidak mendapatkan umpan balik secara langsung sedangkan bagi guru dalam memberikan umpan balik memerlukan waktu yang lama karena jumlah siswa yang banyak. Penguasaan konsep siswa yang rendah dapat diatasi dengan memberikan umpan balik secara cepat dan tepat melalui penilaian formatif berbantuan web. Penilaian formatif berbantuan web dengan soal isomorfik memberikan solusi alternatif untuk mendiagnosis siswa karena cepat dan tepat pada sasaran. Dalam kegiatan penilaian formatif siswa dipengaruhi oleh rasa kepercayaan diri/ self-efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan penguasaan konsep dan self-efficacy antara siswa yang menggunakan model penilaian formatif berbantuan web dengan soal isomorfik dan siswa yang menggunakan model penilaian formatif konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan sampel sebanyak 68 siswa yang terdiri dari 20 laki-laki dan 48 perempuan pada kelas X MIA di SMAN 1 Sumberrejo-Bojonegoro. Pada kelas eksperimen menggunakan model penilaian formatif berbantuan web sedangkan kelas kontrol menggunakan model penilaian formatif konvensional. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Oktober sampai Desember 2016. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari Silabus RPP LKS Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran soal perlakuan tes penguasaan konsep (post-test) dan pernyataan self-efficacy. Instrumen tes penguasaan konsep menggunakan 20 soal pilihan ganda sedangkan self-efficacy terdiri dari 18 pernyataan. Teknik analisis penelitian menggunakan Uji MANOVA (Multivariate Analisis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara model penilaian formatif dengan penguasaan konsep memberikan harga F sebesar 31 104 dengan sig. 0 000. Nilai signifikansi lebih kecil daripada 0 05 maka H0 ditolak artinya penguasaan konsep fisika siswa yang menggunakan model penilaian formatif berbantuan web lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model penilaian formatif konvensional. Hasil lain menunjukkan bahwa hubungan antara model penilaian formatif dengan self-efficacy memberikan harga F sebesar 3 264 dengan sig. 0 075. Nilai signifikansi lebih besar daripada 0 05 maka H0 diterima artinya terdapat hubungan penguasaan konsep dan self-efficacy terhadap model penilaian formatif. Hasil uji korelasi Pearson memperoleh nilai r sebesar 0 249 dengan sig. 0 041. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif model penilaian formatif untuk guru dan peneliti lain. ABSTRACT Suparmanto. 2017. The Effect of Web-Assisted Formative Assessment Model with Isomorphic Problem to Static Fluid Concept Acquisition and Self-Efficacy of High School Students. Thesis. Programme of Physics Education Post Graduate Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. Sentot Kusairi M. Si (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M. Si. Keywords Formative assessment Problem isomorphic Concept Acquisition Self-Efficacy One of the problems encountered by teachers is the concepts of acquisition. The Problem of low acquisition happens because the students do not receive feedback directly meanwhile the teachers need long time to give feedback because of a big number of students. The problem of students low acquisition can be overcome by providing feedback quickly and accurately through a web-assisted formative assessment. A web-assisted formative assessment with isomorphic problem offers an alternative solution to diagnose students quickly and precisely. In formative assessment activities the students are influenced by self-efficacy. This study aims at knowing the difference between the concept of acquisition and self-efficacy of the students using web-assisted model of formative assessment with isomorphic and the ones using conventional model of formative assessment. The research design of this study was quasi experiment in which the sample was 68 students (20 males and 48 females) of X MIA in SMAN 1 Sumberrejo Bojonegoro. The experiment class used web-assisted formative assessment and the control class used conventional formative assessment. This research was conducted from October till December 2016. The instruments employed were syllabus Lesson Plans (RPP) Students Worksheets (LKS) learning activity sheet the treatment test test of concept acquisition (post-test) and a statement of self-efficacy. Further the instruments of concept acquisition test consisted of 20 multiple choice items meanwhile self-efficacy consisted of 18 statements. The technique of analysis used MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) test. The results showed that the correlation between formative assessment model and the concept acquisition give a F value of 31.104 with sig. 0 000. The significance value is smaller than 0 05 so that H0 was rejected it means that the concepts acquisition of physics students who used web-assisted model of formative assessment was higher than students who used the conventional model of formative assessment. Another results revealed that the correlation between formative assessment model and self-efficacy gave a F value of 3 264 with sig. 0.075. The significance value was higher than 0 05 thus H0 was accepted it means there are correlation between the concept acquisition and self-efficacy at model of formative assessment. The results Pearson Correlation test give a r value of 0 249 with sig. 0 041. The result of this research was expected that it could be as one of alternative models of formative assessment for the teachers as well as and future researchers.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59959

Actions (login required)

View Item View Item